Jalan Longsor, Dua Kendaraan Jatuh ke Galian Underpass Kentungan

Salah satu kendaraan jatuh dikemudikan WNA

Yogyakarta, IDN Times - Satu unit kendaraan roda empat dan sebuah truk jatuh ke dalam lokasi galian proyek underpass simpang empat Kentungan, Depok, Sleman setinggi 2 meter lebih, Selasa (23/7). Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

1. Kejadian berlangsung saat lalu lintas padat

Jalan Longsor, Dua Kendaraan Jatuh ke Galian Underpass KentunganIDN Times/Tunggul Kumoro

Salah seorang saksi mata, Firman, 34, mengatakan peristiwa terjadi sekira pukul 11.00 siang. Sewaktu kejadian, ia baru saja pulang sedari nongkrong dekat warung dekat lokasi kejadian.

Saat berjalan kaki menuju ke rumahnya, di Gang Pandega Rini, Kentungan, Firman mengaku mendengar suara seperti benda besar yang tengah terjatuh.

"Cuma denger suara aja, kaya ada yang jatuh gitu. Saya pikir kerjaan proyek. Tapi abis itu kok kaya ada rame-rame, saya samperin ternyata ada mobil jatuh, dua. Pas itu juga lalu lintas masih jalan," ujarnya.

Menurutnya, dua kendaraan tersebut berjenis truk dan mobil land rover. "Ada juga kan kelihatan di video-video yang udah nyebar di medsos," ujarnya.

Katanya, tak lama setelah kejadian, proyek pengerjaan underpass nampak dihentikan. Lalu nyaris pukul 13.00, petugas kemudian menutup dua kendaraan yang terjatuh dengan terpal. Pantauan di lokasi terkini, lokasi masih tertutup dan arus lalu lintas dialihkan.

Baca Juga: Mengaku Petugas Leasing, Enam Pria Rampas Mobil di Jalan Tol

2. Truk jatuh terlebih dahulu

Jalan Longsor, Dua Kendaraan Jatuh ke Galian Underpass KentunganDok. Istimewa

Berdasarkan rekaman video yang beredar, terlihat memang ada dua kendaraan yang tiba-tiba terperosok ke dalam lubang galian proyek. Mulanya, satu kendaraan jenis truk yang jatuh terlebih dahulu. Kemudian disusul kendaraan jenis land rover berwarna putih.

Namun terlihat juga, sesaat sebelum land rover putih jatuh, 3 orang penumpangnya sudah keburu keluar menyelamatkan diri.

Menurut informasi yang dihimpun, mobil land rover putih itu dikendarai oleh Warga Negara Asing (WNA) dengan nomor polisi TD1.110. Sementara truk saat itu tengah mengangkut balok kayu.

3. Pengemudi WNA

Jalan Longsor, Dua Kendaraan Jatuh ke Galian Underpass KentunganIDN Times/Tunggul Kumoro

Kasat Lantas Polres Sleman, AKP Faisal Pratama membenarkan jika penumpang mobil land rover yang jatuh adalah WNA. Untuk kondisinya, lanjutnya, mengalami trauma. "Belum sampai kondisi mengkhawatirkan. Tapi masih kami lihat perkembangannya seperti apa," katanya.

Faisal melanjutkan, sopir truk saat ini masih dimintai keterangan guna melengkapi kronologi peristiwa.

Kasat Lantas mengatakan, bahwa sebenarnya underpass yang dibangun dari arah barat ke timur ini sisi sayap-sayap jalannya tidak boleh dilalui kendaraan bermuatan besar. "Selain kendaraan pribadi, hanya boleh dilewati bus Trans Jogja," imbuhnya.

Rambu larangan melintas bagi kendaraan besar sebenarnya juga sudah terpasang. Ia menengarai kemungkinan sopir tak melihatnya atau bahkan memaksakan lewat.

Intinya, pihaknya juga belum bisa memastikan penyebab utama peristiwa ini. "Proyek sementara off. Kami masih penyelidikan," tandasnya.

Baca Juga: 5 Pesan Sultan HB X Terkait Rencana Pembangunan Jalan Tol 

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You