Datangi SMA Bosa Jogja, Ganjar Napak Tilas Zaman Sekolah

Ganjar hadiri Reuni Akbar dan HUT ke-77 SMA Bopkri 1 Jogja

Yogyakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (Bacapres) PDIP sekaligus Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menyambangi SMA Bopkri 1 (Bosa) Kota Yogyakarta, Sabtu (5/8/2023).

Ganjar yang hadir sebagai salah satu alumni sekolah tersebut datang untuk memeriahkan acara Reuni Akbar dan HUT ke-77 SMA Bosa Yogyakarta.

1. Diteriaki 'presiden' saat napak tilas

Datangi SMA Bosa Jogja, Ganjar Napak Tilas Zaman SekolahGanjar Pranowo, menyambangi SMA Bopkri 1 (Bosa) Kota Yogyakarta, Sabtu (5/8/2023). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Berdasarkan pantauan, Ganjar tiba di SMA Bosa sekitar pukul 11.00 WIB. Kedatangannya langsung disambut hangat panitia maupun rekan sesama alumni lainnya.

Ganjar pun sempat mendatangi salah satu kelas yang ternyata merupakan ruangan tempat ia belajar dulu sebelum menuju panggung utama acara. Sepanjang momen itu pula, Ganjar tak pernah luput dari kerumunan alumni atau panitia yang mengajaknya berfoto. Tak jarang pula dia diteriaki 'presiden' oleh orang-orang di sekitarnya, dari yang tua hingga yang muda.

"Ganjar presiden!" pekik salah seorang dari arah kerumunan.

2. Kenang tempat nongkrong hingga guru favoritnya

Datangi SMA Bosa Jogja, Ganjar Napak Tilas Zaman SekolahGanjar Pranowo, menyambangi SMA Bopkri 1 (Bosa) Kota Yogyakarta, Sabtu (5/8/2023). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Selanjutnya, Ganjar berkeliling mengunjungi beberapa lokasi di sekolah itu. Ia mengatakan semua ruangan dan beberapa tempat favorit nongkrong masih ada. Misalnya pohon beringin di depan kelas tempat biasanya ia dan teman-temannya nongkrong saat jam istirahat.

"Tentu saya sangat senang hari ini, memori indah saat SMA dulu kembali terkenang dan sekarang kita bisa bertemu lagi dengan para guru. Mereka luar biasa," imbuhnya.

Tawa lepas terlihat ketika Ganjar dan para konco lawasnya mengenang momen-momen kebersamaan di bangku SMA. Apalagi saat Ganjar bertemu Rustri, guru Pendidikan Moral Pancasila (PMP) yang dikenal galak saat mengajar.

"Dulu saya di kelas 1 J. Dan tadi saat saya masuk, saya langsung ketemu Bu Rustri. Saya ingat betul, kalau pelajaran Bu Rustri dulu kita stres. Soalnya Bu Rustri ini pasti bertanya pelajaran yang sudah lama saat hendak mengajar. Jadi harus benar-benar siap, kalau tidak dihukum," kenangnya.

Ganjar bercerita bahkan ia pernah diminta Rustri berdiri di depan kelas karena tidak bisa menjawab pertanyaan. Ia ingat betul, saat itu Rustri menanyakan tentang surat duta besar pada pimpinan negara lain.

"Saya ingat betul Bu Rustri tanya, Ganjar kalau kamu jadi Dubes, surat apa yang kamu berikan ke kepala negara di luar sana. Saya tidak bisa jawab. Bu Rustri bilang, Ganjar, kamu berdiri di sini," kenangnya sambil tertawa.

Saat Ganjar bercerita, Rustri ada di depannya. Ia hanya tersenyum saat mengingat masa-masa dulu ia mengajar Ganjar dan teman-temannya.

"Teman-teman saya dulu nakal semua, yang paling nggak nakal saya ya bu. Percaya tidak, wah Bu Rustri tertawa. Terima kasih atas kejujurannya Bu," ucap Ganjar sambil mencium tangan Bu Rustri Bu Rustri membalas dengan menepuk pundaknya.

Baca Juga: Anies Baswedan Cerita Kenangannya di SMPN 5 Yogyakarta

3. Murid yang anteng dan pintar

Datangi SMA Bosa Jogja, Ganjar Napak Tilas Zaman SekolahGanjar Pranowo, menyambangi SMA Bopkri 1 (Bosa) Kota Yogyakarta, Sabtu (5/8/2023). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sementara itu Rustri mengenang sosok Ganjar sebagai anak yang baik. Selain itu juga termasuk murid yang tergolong cerdas di kelasnya.

"Ganjar itu anteng, pinter kalau saya tanya selalu bisa jawab. Saya dulu pas ngajar selalu saya tanya satu-satu pelajaran yang sudah lalu," katanya.

Rustri merasa bangga pada anak didiknya yang saat ini menjadi orang sukses. Termasuk pada Ganjar yang berhasil menjadi Gubernur Jawa Tengah dan kini menjadi bacapres 2024.

"Semoga semuanya bisa mengamalkan ilmunya pada masyarakat," harapnya.

Baca Juga: Gus Yahya: 2 Pemilu Terakhir Agama Dipakai Buat Serang Orang Lain

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya