Comscore Tracker

Viral Jip Tenggelam di Kalikuning, Ini Penjelasan Asosiasi Jip Merapi

Jip wisata Merapi macet saat melakukan manuver

Sleman, IDN Times - Kecelakaan jip wisata Merapi yang terjadi pada Jumat (13/11/2021) sempat viral di media sosial. 

Dalam foto yang salah satunya diunggah instagram @merapi_uncover pada Sabtu (13/11/2021) sore tampak sebuah jip wisata lereng Gunung Merapi tenggelam di Sungai Kalikuning. Terlihat sebagian dari badan jip tertutup air dan terlihat banyak warga yang menyaksikan dari atas.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Asosiasi Jip Lereng Merapi Wilayah Barat, Daldiri menjelaskan peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (13/11/2021) sekitar pukul 14.00 WIB. Daldiri memastikan tidak ada korban sama sekali dari kejadian tersebut.

1. Kronologi tenggelamnya jip

Viral Jip Tenggelam di Kalikuning, Ini Penjelasan Asosiasi Jip MerapiEvaluasi jip di Kalikuning. Dok: istimewa

Daldiri menjelaskan kronologi kecelakaan yang menimpa jip wisata tersebut. Saat jip melakukan manuver di air, jip kemudian macet saat akan melakukan putaran kedua. Jip yang ditumpangi oleh 4 penumpang tersebut macet lantaran karburator kemasukan air. Lantaran memang macet, lalu penumpang dipindahkan ke jip lain.

"Tadi karbulator kemasukan air, mesinnya kemudian macet. Kemudian datang banjir dari atas, karena wilayah atas hujan. Ya sudah kemudian jip didiamkan saja di sungai," katanya.

Baca Juga: PPKM Terus Berlanjut, Sopir Jip Wisata Merapi Mulai Jual Kendaraan 

2. Tidak ada korban jiwa

Viral Jip Tenggelam di Kalikuning, Ini Penjelasan Asosiasi Jip Merapiilustrasi jip wisata di kawasan Kaliurang, Sleman (IDN Times/Febriana Sinta)

Daldiri menambahkan peristiwa tenggelamnya jip tersebut tidak berlangsung lama. Hanya sekitar 30 menit, di mana setelah air surut jip langsung dievakuasi. Dia pun memastikan jika semua aman dan jip pun sudah dievakuasi ke atas untuk saat ini.

"Jip sudah dibawa ke basecamp. Tidak apa-apa. Tadi dievakuasi dengan diderek," katanya.

3. Imbau agar pengendara jip lebih hati-hati di musim hujan

Viral Jip Tenggelam di Kalikuning, Ini Penjelasan Asosiasi Jip MerapiIDN Times/Vanny El Rahman

Meskipun semua sudah terkendali, Daldiri tetap mengimbau agar semua pengendara jip bisa lebih hati-hati, terutama di musim hujan. Dia pun melarang pengendara jip melakukan manuver di air saat cuaca sedang hujan.

"Kalau pas hujan melarang jip manuver di air, SOP kita ada. Selain itu, di saat pandemik ini kita imbau agar tetap menjaga protokol kesehatan," katanya.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya