Comscore Tracker

Uji Coba PTM di Sleman Sudah Jalan, Disdik Tak Permasalahkan Seragam

Masih ada siswa yang belum mempunyai seragam

Sleman, IDN Times - Uji coba pembelajaran tatap muka di Kabupaten Sleman telah berlangsung beberapa hari terakhir, baik di jenjang SMP maupun SD. Berkaitan dengan hal tersebut, bagi siswa baru yang belum memiliki seragam, Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman tidak mempermasalahkannya.

Baca Juga: Uji Coba PTM SMP di Sleman, Murid Susah Jaga Jarak 

1. Bisa gunakan baju lain

Uji Coba PTM di Sleman Sudah Jalan, Disdik Tak Permasalahkan SeragamIlustrasi Pelajar (SD) (IDN Times/Mardya Shakti)

Kepala Disdik Sleman, Ery Widaryana, menyampaikan tidak ada kewajiban bagi siswa baru untuk segera punya seragam saat uji coba PTM. Bagi yang belum memiliki seragam, bisa menggunakan seragam di jenjang sebelumnya maupun baju lain yang sopan. Bukan hanya di sekolah negeri, kebijakan tersebut sebisa mungkin juga berlaku di sekolah swasta.

"Yang punya silakan, kan lebih baik. Kalau tidak punya tidak apa. Yang penting pakai baju sopan," ungkapnya pada Selasa (12/10/2021).

2. Fokus agar PTM berjalan aman

Uji Coba PTM di Sleman Sudah Jalan, Disdik Tak Permasalahkan SeragamIlustrasi uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Ery menyampaikan, pada kondisi COVID-19, ada kemungkinan jika orangtua memang belum bisa membelikan seragam. Menurutnya, yang paling penting saat ini bukan pada masalah memakai seragam atau tidak, namun lebih kepada bagaimana PTM bisa berjalan secara aman di masa uji coba.

"Yang penting PTM bisa berjalan lancar dan tidak menimbulkan penularan COVID-19. Karena kondisi ekonomi saat ini, jangan dipaksakan," jelasnya.

3. Semua punya hak yang sama untuk belajar

Uji Coba PTM di Sleman Sudah Jalan, Disdik Tak Permasalahkan SeragamIlustrasi siswa (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Mlati, Didik Saifurrakhman, mengungkapkan jika sekolah sendiri tidak keberatan jika siswa baru belum memakai seragam saat mengikuti uji coba PTM. Bagi dia yang paling penting, semua siswa memiliki hak yang sama dalam mengakses pendidikan.

"Kalau belum punya seragam ya tidak apa-apa, pakai seragam SD dulu. Jangan sampai kita tidak memberikan hak untuk belajar," paparnya.

Didik mengungkapkan, sejak pertama kali melaksanakan uji coba PTM, belum ada siswa yang mengeluh kesulitan memiliki seragam karena kesulitan ekonomi. Namun, jika pun ada, pihaknya pun siap mengusulkan agar siswa yang bersangkutan mendapat beasiswa.

Baca Juga: Hadapi 3 Momen Besar, Dinkes Sleman Minta Jangan Lengah Prokes

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya