Comscore Tracker

Tlogo Muncar Siap Dibuka, Pembatasan Jumlah Pengunjung akan Dilakukan 

Tlogo Muncar adalah tempat wisata air terjun di Kaliurang

Sleman, IDN Times - Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) mempersiapkan pembukaan beberapa tempat wisata di wilayah Sleman dan Klaten, Jawa Tengah. Di antaranya Tlogo Muncar, Tlogo Nirmolo, Jurang Jero, Plunyon, Kalikuning serta Deles. 

Kepala TNGM, Pujiati menjelaskan beberapa objek wisata di bawah naungan TNGM siap dibuka untuk umum, namun pihaknya akan menerapkan pembatasan pengunjung untuk mencegah penularan COVID-19.

Baca Juga: Jumlah Kasus Tak Bertambah, Pemda DIY Siapkan Tes Swab Massal 

1. Tlogo Muncar tempat wisata pertama yang akan dibuka

Tlogo Muncar Siap Dibuka, Pembatasan Jumlah Pengunjung akan Dilakukan Kawasan wisata Kaliurang. IDN Times/Siti Umaiyah

Pembukaan tempat wisata yang akan dbukan pertama kali hanyalah Tlogo Muncar, hal itu disebabkan wisata air terjun ini dirasa paling siap untuk dibuka.

"Tlogo Muncar yang sudah siap untuk dibuka, jika dibuka bersama mungkin belum bisa. Nanti akan kita evaluasi terus ketika sudah dibuka," ungkapnya pada Selasa (30/6).

2. Hanya menerima 10 hingga 20 persen pengunjung

Tlogo Muncar Siap Dibuka, Pembatasan Jumlah Pengunjung akan Dilakukan Wisata Kaliurang. IDN Times/Siti Umaiyah

Saat membuka objek wisata, pihaknya akan menghitung terlebih dahulu daya tampung dan dukung yang dimiliki. Misalnya, untuk jumlah pengunjung hanya dibatasi 10 hingga 20 persen di awal pembukaan. Nantinya jumlah tersebut akan dievaluasi setiap minggunya.

"Pembukaan sudah menghitung daya dukung dan daya tampung. Pengunjung tidak sampai 100 persen di awal pembukaan, kita tetap bertahap. Yaitu10 persen dulu, maksimal 20 persen dan akan dievaluasi per minggunya," terangnya.

3. Perketat protokol COVID-19

Tlogo Muncar Siap Dibuka, Pembatasan Jumlah Pengunjung akan Dilakukan Simulasi di Tlogo Putri. IDN Times/Siti Umaiyah

Pujiati menerangkan, untuk pembukaan Tlogo Muncar sendiri masih menunggu arahan dari Pemkab Sleman. Protokol kesehatan pun diperketat saat pembukaan seperti mewajibkan pengunjung untuk cuci tangan, memakai masker, tidak berkerumun, pengecekan suhu dan lain sebagainya.

"Kami sudah mempersiapkan reaktivasi objek wisata, pembukaan menunggu pemerintah setempat pada intinya kami siap," paparnya. 

 

Baca Juga: Simulasi New Normal di Tlogo Putri, Bupati Sleman: COVID-19 Masih Ada

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya