Comscore Tracker

Ada Dr. Tirta, Sejumlah Tokoh di Sleman Siap Divaksinasi Besok

Influencer Dr. Tirta termasuk dalam penerima vaksin pertama

Sleman, IDN Times - Kabupaten Sleman telah menerima vaksin COVID-19 dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu (13/1/2021).

Kepala Bidang Sumber Data Kesehatan, Dinas Kesehatan Sleman, drg Atikah Nurhesti, mengatakan sebelum pemberian vaksin ke tenaga kesehatan maupun tenaga non kesehatan yang bekerja di faskes, besok 10 tokoh yang ada di Kabupaten Sleman secara serentak akan menerima vaksin di Puskesmas Ngemplak II.

Tokoh tersebut meliputi Bupati Sleman, Dandim, Kapolres, Kajari, Ketua Dewan, Tokoh Agama dari Kemenag, Ketua Dharma Wanita yang diwakili oleh wakilnya, serta dari organisasi profesi kesehatan diwakili oleh dr. Tirta.

"Tokoh besok jam 10, semua terpusat di sana (Puskesmas Ngemplak II). Besok pukul 10.00 WIB," terangnya pada Rabu (13/1/2021).

Baca Juga: PTKM Diterapkan, Jumlah Wisatawan di Sleman Anjlok

1. Sleman sudah terima 10 ribu dari total 12.380 dosis vaksin

Ada Dr. Tirta, Sejumlah Tokoh di Sleman Siap Divaksinasi BesokPendistribusian vaksin ke gudang Dinkes Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Dari total alokasi yang diberikan Pemda DIY ke Kabupaten Sleman sebanyak 12.380 dosis, hari ini jumlah vaksin yang datang baru 10 ribu. Atikah mengatakan untuk sisa dari yang belum dikirim tersebut, akan segera dikirim pada hari Senin mendatang.

"Ini baru 10 ribu karena melihat kapasitas ruangan (sebelumnya), ternyata masih mencukupi yang seharusnya 12.800. Sisanya baru dikirim Senin dari provinsi," ungkapnya.

2. Siap didistribusikan besok ke RS

Ada Dr. Tirta, Sejumlah Tokoh di Sleman Siap Divaksinasi BesokPendistribusian vaksin ke gudang Dinkes Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Atikah menjelaskan, saat ini vaksin yang didatangkan dari pemprov tersebut ditempatkan di gudang penyimpanan milik Dinkes. Rencananya, besok vaksin tersebut akan mulai didistribusikan secara bertahap ke 52 faskes yang menjadi lokasi vaksin tahap pertama.

Atikah mengungkapkan, di faskes yang menjadi lokasi vaksin sendiri saat ini juga sudah memiliki tempat penyimpanan khusus untuk vaksin.

"Distribusi ke puskesmas mulai besok pagi bertahap. Penyimpanan sudah sesuai dengan SOP kita, puskesmas memiliki tempat penyimpan vaksin yang selama ini sesuai standar, dalam suhu 2-8 derajat Celcius," katanya.

3. Data penerima vaksin terus diupdate

Ada Dr. Tirta, Sejumlah Tokoh di Sleman Siap Divaksinasi BesokPendistribusian vaksin ke gudang Dinkes Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Atikah, saat ini data nakes maupun non nakes yang akan diberikan vaksin tahap pertama dari Kabupaten Sleman ada sebanyak 12.342 orang. Untuk data awal sendiri ada sekitar 14 ribu. Menurut Atikah, untuk sisa nakes maupun non nakes yang belum tercantum ini, memang ada sejumlah data yang belum dilengkapi. Sehingga belum lolos verifikasi dari pusat. Namun, data tersebut masih terus diupdate setiap saat.

"Yang memverifikasi adalah pusat. Jadi kemungkinan data itu belum lengkap, masih kurang data kesehatan atau data kontak, dan data tidak hanya berhenti sampai hari ini, tapi terus berlangsung dan sesuai data ter-update terkini. Jadi tidak ada kendala, meskipun kita sasaran 14 ribu, tapi baru 12 ribu, yang kekurangan terus di-update oleh pusat," paparnya.

Baca Juga: Pemberian Vaksin Tahap Pertama di Sleman Dimulai 14 Januari 2021

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya