Comscore Tracker

Spesies Baru Bakteri Penghasil Antibiotik Temuan Mahasiswa UGM 

Sampel berasal dari Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur

Sleman, IDN Times - Selama ini, antibiotik banyak digunakan untuk mengobati penyakit akibat infeksi bakteri. Akan tetapi, saat ini banyak terjadi resistensi bakteri patogen terhadap berbagai macam antibiotik.

Melihat kondisi tersebut, mahasiswa program doktoral Fakultas Biologi UGM, Ambarwati, mengeksplorasi bakteri Streptomyces penghasil antibiotik. Dari hasil eksplorasinya, Ambarwati berhasil menemukan satu spesies bakteri Streptomyces baru penghasil antibiotik.

Baca Juga: Dosen UGM Ciptakan Aplikasi Pencatatan Usaha Tani 

1. Streptomyces berpotensi hasilkan senyawa bioaktif

Spesies Baru Bakteri Penghasil Antibiotik Temuan Mahasiswa UGM Pixabay/skeeze

Menurut Ambarwati, Streptomyces sendiri dipilih lantaran mampu menghasilkan antibiotik terbanyak. Dia menjelaskan, yang menarik dari spesies baru ini, yakni memiliki potensi penghasil senyawa bioaktif atau antibiotik yang berspektrum luas.

"Artinya, spesies ini tidak hanya mampu menghambat bakteri gram positif, tetapi juga bakteri gram negatif bahkan anticandida (anti jamur candida)," terangnya.

2. Berpotensi menghasilkan senyawa malasidin

Spesies Baru Bakteri Penghasil Antibiotik Temuan Mahasiswa UGM Humas UGM

Ambarwati menjelaskan, temuan lain menunjukkan bahwa spesies bakteri baru ini memiliki 53 kelompok gen penghasil senyawa bioaktif. Streptomyces baru ini menghasilkan 8 senyawa yang telah ditemukan sebelumnya pada Streptomyces lain dengan kemiripan 100 persen dengan 6 senyawa yang telah diketahui strukturnya. Selain itu, spesies baru ini juga berpotensi menghasilkan 9 golongan senyawa baru.

“Menariknya spesies baru ini juga berpotensi menghasilkan senyawa malasidin yang memiliki kemampuan menghambat bakteri gram positif patogen yang telah resisten terhadap antibiotik. Selain itu juga bisa menyembuhkan infeksi kulit akibat Staphylococcus aureus yang resisten terhadap metilisin,” katanya

3. Sedang proses submit ke NCBI

Spesies Baru Bakteri Penghasil Antibiotik Temuan Mahasiswa UGM Pexels.com/pixabay

Menurut Ambarwati, untuk sampel bakteri yang digunakan sendiri berasal dari dataran tinggi Cemoro Sewu, Magetan, Jawa Timur.

“Sekuen hasil WGS dari spesies baru tersebut saat ini dalam proses submit ke National Center for Biotechnology Information (NCBI) dam diajukan namanya sebagai Streptomyces cemorosewuensis sp. Nov,” ungkapnya.

Baca Juga: Produksi Wader Turun, Dosen UGM Ciptakan Teknologi Peningkatan Panen

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya