Comscore Tracker

Ratusan Hewan Peliharaan di Sleman Terima Vaksinasi Gratis

Digelar untuk memperingati Hari Rabies Sedunia

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman mengadakan vaksinasi rabies gratis bagi ratusan Hewan peliharaan pada Selasa (28/9/2021). Plt Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPPKP) Sleman, Suparmono menjelaskan, vaksinasi rabies ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia.

Baca Juga: Nyamuk Berwolbachia Bikin Kasus DBD di Sleman Turun Drastis

1. Vaksinasi dilakukan di sejumlah titik

Ratusan Hewan Peliharaan di Sleman Terima Vaksinasi GratisVaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan di Sleman. Dok: Humas Sleman

Suparmono menerangkan, tiap tahun pihaknya rutin melakukan kegiatan serupa. Untuk tahun ini, pelaksanaan vaksinasi ini dilakukan di 3 titik, meliputi Gamping, Cangkringan dan Berbah.

“Setiap tanggal 28 September 2021 kita rutin menyelenggarakan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan,” ungkapnya pada Selasa (28/9/2021).

2. Siapkan ratusan dosis vaksin

Ratusan Hewan Peliharaan di Sleman Terima Vaksinasi GratisKepala Dinas Pariwisata Sleman, Suparmono. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Suparmono, pada tahun ini Pemkab Sleman mendapatkan kuota dosis vaksin rabies dari Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian sebanyak 500 dosis vaksin rabies.
Selain itu, Sleman juga mendapatkan tambahan jumlah dosis vaksin yang diberikan oleh Ikatan Dokter Hewan sebanyak 100 dosis vaksin.

Untuk hewan peliharaan yang terdaftar untuk mengikuti vaksinasi rabies tersebut meliputi kucing sebanyak 446 ekor, anjing 51 ekor dan kera 3 ekor.

“Sebanyak 500 dosis vaksin kita siapkan untuk dibagi di tiga wilayah yaitu Gamping sebanyak 242 dosis, Cangkringan 140 dosis dan Berbah 118 dosis. Sementara untuk vaksin yang diberikan oleh Ikatan Dokter Hewan sebanyak 100 dosis kita pakai sebagai cadangan bagi mereka yang datang dan belum melakukan pendaftaran sebelumnya,” terangnya.

3. Rabies berpotensi menular ke manusia

Ratusan Hewan Peliharaan di Sleman Terima Vaksinasi GratisVaksinasi rabies gratis bagi hewan peliharaan di Sleman. Dok: Humas Sleman

Sementara itu, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, saat melakukan peninjauan kegiatan vaksinasi peliharaan menyampaikan jika vaksinasi rabies bagi hewan peliharaan salah satu yang perlu diperhatikan untuk hewan peliharaan. Sebab rabies ini juga berpotensi untuk menular ke manusia.

“Rabies ini juga merupakan virus yang berpotensi menular ke manusia, maka dari itu saya sangat mengapresiasi adanya penyelenggaraan vaksinasi rabies untuk hewan peliharaan,” paparnya.

Baca Juga: Sleman Pertimbangkan Tutup Sejumlah Selter Isolasi Terpadu

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya