Comscore Tracker

PT KAI Siapkan 24 Trip KA Bandara untuk Tunjang Operasional Penuh YIA

YIA bakal diresmikan pada 29 Maret

Yogyakarta, IDN Times - Bandar Udara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) direncanakan mulai beroperasi penuh pada 29 Maret 2020 mendatang. Untuk menunjang operasional tersebut, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menyediakan puluhan trip menggunakan KA Bandara menuju Stasiun Wojo, yang merupakan stasiun terdekat dengan YIA.

Baca Juga: Menhub Promosikan Damri, Moda Transportasi Baru ke Bandara YIA

1. 24 trip sudah siap sejak 1 Desember 2019

PT KAI Siapkan 24 Trip KA Bandara untuk Tunjang Operasional Penuh YIAIDN Times/Holy Kartika

Eko Budiyanto, Manager Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta menjelaskan, setidaknya sudah ada 24 trip KA Bandara yang disiapkan untuk menunjang operasional YIA. 24 trip tersebut dimulai sejak pukul 03.35 WIB sampai dengan 21.07 WIB. Sedangkan untuk satu trip, bisa mengangkut 206 penumpang dengan tempat duduk.

"(Ada) 24 sejak Gapeka baru kemarin, tanggal 1 Desember. Penambahan trip saat operasional YIA kita lihat sikon nanti. Tapi yang jelas, walaupun YIA belum sepenuhnya operasional, baru 29 Maret nanti tapi kita sudah siapkan keretanya," katanya pada Sabtu (15/2).

2. Selain KA Bandara, KA Prameks juga turun di Stasiun Wojo

PT KAI Siapkan 24 Trip KA Bandara untuk Tunjang Operasional Penuh YIAIDN Times/Holy Kartika

Menurut Eko, selain KA Bandara, untuk menunjang operasional YIA, dua KA lain yakni KA Prameks serta Joglosemarkerto juga diberhentikan di Stasiun Wojo. Hal tersebut dilakukan agar para penumpang yang akan ke YIA memiliki banyak pilihan perjalanan.

"Walaupun KA Bandara sudah cukup banyak, tapi karena dukungan program pemerintah sinergi BUMN, kita siapkan apa yang dibutuhkan masyarakat untuk menggunakan KA. Kalau menggunakan jalan darat jelas nanti krodit. Tidak hanya dari Yogyakarta, penumpang yang dari Kebumen juga bisa naik KA Bandara," terangnya.

3. Disiapkan ruang tunggu khusus

PT KAI Siapkan 24 Trip KA Bandara untuk Tunjang Operasional Penuh YIAIDN Times/Holy Kartika

Guna memberikan kenyamanan bagi penumpang KA yang akan menuju YIA, pihaknya sudah menyiapkan ruang tunggu khusus bagi penumpang KA Bandara. Ruang tunggu khusus tersebut saat ini sudah tersedia di Stasiun Yogyakarta serta Stasiun Wates.

Menurutnya, nanti bagi penumpang yang turun di Stasiun Wojo tidak perlu khawatir, lantaran penumpang langsung bisa melanjutkan perjalanan menuju YIA menggunakan shuttle bus yang sudah disiapkan. Untuk jaraknya pun relatif dekat, hanya 6 km atau setara dengan 15 menit.

"Stasiun Wojo untuk tujuan akhir menuju YIA. Saudara kita yang naik pesawat, sementara ini karena belum terhubung dengan stasiun bandara tujuan akhir di Stasiun Wojo," ungkapnya.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Underpass YIA Terpanjang di Indonesia 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya