Comscore Tracker

Mahasiswa UNY Modifikasi Pompa Galon Jadi Alat Cuci Tangan Otomatis

Idenya boleh ditiru, nih!

Sleman, IDN Times - Di masa pandemik COVID-19 seperti saat ini, mencuci tangan sangat dianjurkan untuk bisa mencegah penularan virus Corona. Guna memudahkan masyarakat untuk mencuci tangan, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menciptakan alat cuci tangan otomatis dari alat yang sederhana.

Mahasiswa tersebut adalah Oktania Hasna Sulistiyaningrum, dari Prodi Pendidikan Teknik Elektro. Ia berhasil membuat alat cuci tangan dengan menggunakan pompa galon yang dimodifikasi.

Baca Juga: Sabun Antibakteri dari Limbah Minyak Kelapa Inovasi Mahasiswa UNY

1. Gunakan sumber baterai

Mahasiswa UNY Modifikasi Pompa Galon Jadi Alat Cuci Tangan OtomatisMahasiswa UNY ciptakan alat cuci tangan otomatis. Dok: istimewa

Oktania menjelaskan, alat besutannya ini menggunakan sumber daya berupa baterai dengan ketahanan 8 jam jika digunakan terus-menerus. Nantinya, jika baterai sudah habis, maka daya alat ini bisa diisi ulang dan digunakan kembali.

"Alat juga dilengkapi tombol on/off agar ketika tidak digunakan sistem dapat mati serta menghemat baterai, dan diletakkan di atas media penyimpanan air bersih, yaitu galon," ungkapnya.

2. Beberapa alat dan bahan yang digunakan

Mahasiswa UNY Modifikasi Pompa Galon Jadi Alat Cuci Tangan OtomatisMahasiswa UNY ciptakan alat cuci tangan otomatis. Dok: istimewa

Menurut Oktania, di dalam menciptakan alat ini, dirinya menggunakan beberapa alat. Diantaranya obeng, tang, lem tembak, atraktor, gunting, solder, alat tulis dan cutter. Sedangkan untuk bahan yang dibutuhkan adalah arduino uno, galon, sensor ultrasonik, isi lem tembak, servo, tenol, pompa galon elektrik dan lem G.

Oktania menerangkan, bahan Arduino Uno digunakan sebagai controller-nya atau otak dari memproses data. Sensor ultrasonik sebagai alat untuk mendeteksi adanya tangan yang akan melakukan cuci tangan. Servo digunakan untuk menarik pumping sabun cuci tangan secara otomatis.

"Perancangan desain alat dimulai dari skema elektronik. Kemudian dirakit sistem elektronik alat sesuai dengan desain skema elektroniknya," katanya.

3. Air dan sabun akan mengalir secara otomatis

Mahasiswa UNY Modifikasi Pompa Galon Jadi Alat Cuci Tangan OtomatisPixabay.com/ivabalk

Lebih lanjut Oktania menjelaskan alat ini akan secara otomatis mengalirkan air selama 15 detik untuk membasuh tangan jika didekatkan dengan tangan sejauh 15 cm dari sensor. Kemudian, secara otomatis pula sabun cuci tangan keluar dalam dua kali pumping.

"Sistem akan berhenti selama 20 detik untuk melakukan cuci tangan," paparnya.

Saat ini, alat cuci tangan otomatis besutan Oktania telah dipakai di Desa Surajaya Kabupaten Pemalang sebagai lokasi KKN UNY.

Baca Juga: Mahasiswa UNY Ciptakan Suplemen Peningkat Stamina dari Buah Kurma  

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya