Comscore Tracker

Komisi IX DPR RI Janji Kawal Genose Digunakan di Puskesmas dan RS  

DPR RI yakin GeNose dapat untuk tanggulangi pandemik

Sleman, IDN Times - Komisi IX DPR RI janji mengawal alat deteksi COVID-19 besutan peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) bisa digunakan di Puskesmas dan Rumah Sakit.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena saat kunjungan kerja ke kampus UGM hari ini, Senin (15/2/2021) menjelaskan GeNose merupakan buatan dalam negeri juga memiliki harga yang terjangkau dibandingkan dengan tes lainnya.

"Jika dipakai di puskesmas dan sesuai sertifikasi maka kita akan antarkan,” ungkapnya pada Senin (15/2/2021).

1. Komisi IX akan dorong pemerintah gunakan GeNose

Komisi IX DPR RI Janji Kawal Genose Digunakan di Puskesmas dan RS  Mesin GeNose (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Emanuels menjanjikan Komisi IX akan mengawal agar produk alat deteksi COVID-19 ini bisa digunakan secara luas di seluruh lapisan masyarakat. Bahkan pihaknya akan meyakinkan pemerintah untuk menggunakan alat tersebut.

“Produk kesehatan dari hasil rapat DPR bersifat mengikat pemerintah dan DPR. Tugas kami memantau sertifikasi yang diperoleh GeNose dan dukungan anggaran diberikan,” katanya.

Baca Juga: Tiap Hari, Genose Deteksi 3–4 Calon Penumpang Terindikasi Positif

2. Bisa digunakan untuk penanggulangan pandemik

Komisi IX DPR RI Janji Kawal Genose Digunakan di Puskesmas dan RS  Salah satu anggota DPR RI saat dites menggunakan GeNose. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Emanuels, GeNose merupakan salah satu dari beberapa alat kesehatan yang dipamerkan oleh UGM selama masa pandemik. Tapi GeNose berkembang sangat cepat dan bisa membantu penanggulangan pandemik.

"Waktu itu ada beberapa di antaranya ada GeNose dan ventilator. Seiring perjalanan waktu paling cepat merespon COVID-19 adalah GeNose. Saya kira produk GeNose menjadi contoh Inpres no 6 tahun 2016 tentang pengembangan industri farmasi dan alat kesehatan dalam negeri,” terangnya.

3. UGM terus melakukan evaluasi

Komisi IX DPR RI Janji Kawal Genose Digunakan di Puskesmas dan RS  Tes menggunakan GeNose. IDN Times/Siti Umaiyah

Peneliti Utama GeNose Prof. Kuwat Triyana menjelaskan pihaknya saat ini masih terus berupaya mengembangkan GeNose dan mengevaluasi. Berkaitan dengan GeNose saat ini yang sudah banyak digunakan di stasiun pihaknya akan terus melakukan pemantauan.

"Soal efektifnya kami terus evaluasi hampir tiap hari kami punya data," paparnya.

Baca Juga: Rumah Sakit di Jogja Akan Gunakan GeNose, Tarif Sesuaikan Lokasi

Topic:

  • Siti Umaiyah
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya