Comscore Tracker

Hari Pendidikan Tinggi Teknik ke-74, FT UGM Gelar Lomba Balap Sepeda

Ada konvoi mobil listrik kreasi mahasiswa UGM

Sleman, IDN Times - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Tinggi Teknik (HPTT) ke-74, Fakultas Teknik UGM menyelenggarakan serangkaian agenda keteknikan.

Rangkaian agenda yang dimulai pada Minggu (16/2) ini di antaranya yakni Technoride Epic Endurance Cycling 2020, Konvoi Mobil Listrik, serta Pameran Keteknikan.

Baca Juga: Ketersediaan Mesin Jadi Tantangan Pembelajaran Permesinan Modern

1. Diikuti 600 peserta

Hari Pendidikan Tinggi Teknik ke-74, FT UGM Gelar Lomba Balap SepedaJumpa pers peringkat Hari Pendidikan Tinggi Teknik. IDN Times/Siti Umaiyah

Tri Budi Utama, Panitia Kegiatan menjelaskan, untuk kegiatan Technoride Epic Endurance Cycling 2020 terbagi menjadi dua pilihan rute, yakni 40 km dan 74 km. Kegiatan ini setidaknya diikuti oleh 600 peserta dari segenap civitas akademika UGM, serta masyarakat luas dari berbagi kota di Indonesia.

Untuk tema besar yang diangkat dalam kegiatan ini yakni Jelajah Teknologi Nusantara, di mana peserta akan menyusuri keindahan Jogja sekaligus napak tilas menyaksikan kedigdayaan teknologi nenek moyang Indonesia.

"Peserta dengan rute 74 km akan berhenti di tiga titik yaitu Pusdiklat Citra Paramedika Pakem, Museum Gunung Merapi, dan Candi Sewu. Sedangkan peserta dengan rute 40 km juga akan berhenti di tiga titik yaitu UGM Science Techno Park, Candi Kedulan, dan Candi Sewu," ungkapnya pada Sabtu sore (15/2).

2. Konvoi mobil listrik kreasi mahasiswa UGM

Hari Pendidikan Tinggi Teknik ke-74, FT UGM Gelar Lomba Balap SepedaInstagram/teknikugm

Budi menerangkan, di lokasi Candi Sewu di hari yang bersamaan dengan kegiatan Technoride Epic Endurance Cycling 2020, akan dipamerkan mobil listrik kreasi mahasiswa UGM beserta paparan mengenal mobil listrik tersebut. Baru setelahnya dilanjutkan dengan konvoi mobil listrik menuju menuju Lapangan Grha Sabha Pramana UGM Yogyakarta.

"Di tengah perjalanan antara Candi Sewu ke UGM, akan bergabung mobil listrik UGM bersama rombongan pesepeda untuk bersama-sama menuju ke titik finish di GSP UGM," ungkapnya.

3. Pameran pendidikan keteknikan

Hari Pendidikan Tinggi Teknik ke-74, FT UGM Gelar Lomba Balap SepedaInstagram/teknikugm

Lebih lanjut, Budi menjelaskan selain konvoi dan kegiatan Technoride Epic Endurance Cycling, Fakultas Teknik UGM juga menyelenggarakan kegiatan pameran pendidikan keteknikan. Pameran ini akan akan berlangsung selama dua hari, dari Minggu-Senin (16-17/2) di Grha Sabha Pramana.

"Kegiatan ini akan dilaksanakan di halaman, lantai 1 dan 2 Grha Sabha Pramana. Di mana semua fakultas teknik yang ada di UGM akan memamerkan karya keteknikan. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai karya teknik yang kita miliki," ungkapnya.

Baca Juga: 5 WNI dari Wuhan Tiba di Yogyakarta Usai 2 Pekan Diobservasi

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya