Dokter Riyo Bantu Pasien Isolasi Mandiri lewat Konsultasi Gratis

Ia prihatin dengan banyaknya pasien isoman yang meninggal 

Sleman, IDN Times - Banyaknya pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) dan memiliki keterbatasan akses, membuat dr. Riyo Pungki Irawan tergerak untuk turun tangan.

Dokter berusia 24 tahun yang bertugas di Divisi Perinatologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSUP Dr. Sardjito membuka layanan konsultasi medis online secara gratis untuk pasien COVID-19 yang tengah isoman.

Baca Juga: 5 Tips Jalani Isolasi Mandiri dari Dokter RSA UGM

1. Prihatin dengan banyaknya pasien isoman meninggal dunia

Dokter Riyo Bantu Pasien Isolasi Mandiri lewat Konsultasi GratisIlustrasi tim Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 mengusung jenazah pasien positif COVID-19. (ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho)

Riyo mengungkapkan, ide pembukaan jasa konsultasi gratis ini berawal dari banyaknya temannya yang terinfeksi COVID-19 dan menjalani isoman di rumah. Sementara itu, saat menjalani isoman, pasien sering kali kurang terpantau oleh rumah sakit maupun tenaga kesehatan, karena banyaknya kasus yang mesti ditangani.

Di sisi lain, ia juga melihat dalam beberapa waktu terakhir tidak sedikit pasien COVID-19 yang meninggal dunia saat menjalani isoman di rumah.

“Dari situ saya pikir bisa untuk meluangkan waktu 1-2 jam di luar jam praktek di RS untuk membantu,” ungkap alumnus Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM ini pada Kamis (15/7/2021).

2. 800 permintaan konsultasi sempat masuk selama satu hari

Dokter Riyo Bantu Pasien Isolasi Mandiri lewat Konsultasi Gratisdr. Riyo Pungki Irawan. Dok: istimewa

Pada 7 Juli 2021, Riyo pun memutuskan membuka layanan konsultasi online gratis. Dia pun mulai memberikan layanan kepada masyarakat setiap hari Senin-Kamis pukul 07.00-08.00 WIB melalui WhatsApp sebelum jadwal melakukan praktik di rumah sakit pukul 08.00-16.00 WIB.

Riyo mengungkapkan, sejak layanan tersebut diumumkan di akun Twitternya @doctoriyo banyak pasien isoman yang melakukan konsultasi. Bahkan, Riyo pun sempat merasakan kewalahan karena banyaknya konsultasi yang masuk.

“Mulai membuka layanan konsultasi gratis kan tanggal 7 Juli dan selama 24 jam itu sampai tanggal 8 Juli ada sekitar 800 chat yang masuk minta konsultasi,” katanya.

3. Sudah ada 30 dokter muda yang bergabung

Dokter Riyo Bantu Pasien Isolasi Mandiri lewat Konsultasi GratisIlustrasi nakes (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Karena kondisi tersebut pulalah, Riyo mulai meminta bantuan rekan-rekan dokter muda lainnya untuk turut membantu memberikan layanan konsultasi online gratis bagi pasien isoman. Setidaknya, saat ini Riyo telah bergerak bersama 30 dokter dari berbagai rumah sakit di Indonesia seperti Yogyakarta, Jakarta, Bangka, Batam, Medan, dan lainnya.

“Konsultasi tidak hanya via WA, ada juga pakai telegram. Karena basisnya kesukarelaan, maka saya bebaskan setiap dokter mau menggunakan platform apa. Begitu juga dengan hari dan jam konsultasi bebas, disesuaikan dengan kondisi masing-masing dokter,” jelasnya.

Menurut Riyo, kini setiap harinya dirinya menerima chat konsultasi sekitar 100 orang. Konsultasi yang masuk kebanyakan mengajukan pertanyaan terkait terapi pengobatan, kapan vaksin kembali, PCR ulang dan lainnya.

4. Layanan berupa konsultasi

Dokter Riyo Bantu Pasien Isolasi Mandiri lewat Konsultasi GratisPexels/Anna Shvets

Riyo menekankan bahwa jasa layanan yang diberikan hanya berupa konsultasi medis. Sementara itu  tidak memberikan layanan paket isoman, suplai obat, oksigen, maupun ambulans. Selain itu ia juga tidak memberikan resep namun merekomendasikan obat yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

“Faktanya banyak pasien isoman saat konsultasi sudah mengonsumsi obat sendiri tanpa pengawasan dokter. Baiknya, selalu konsultasikan dulu obat apa yang akan dikonsumsi pada dokter,” paparnya.

Baca Juga: BOR Nyaris 100 Persen, Pemda DIY Berencana Buka 3 RS Lapangan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya