Comscore Tracker

Benarkah Banyak Destinasi Wisata di Yogyakarta Sudah Buka?

Ini penjelasan dari Dinas Pariwisata Sleman dan DIY

Sleman, IDN Times - Belakangan beredar informasi ada banyak destinasi wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta yang sudah buka di media sosial. Daftar itu menyebutkan Jeep Lava Tour Merapi, Stonehengee, The Lost Word Castle, Bhumi Merapi, Kebun Teh Nglinggo, Kebun Tritis dan lain sebagainya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Suparmono, menjelaskan jika informasi tersebut bohong. Menurutnya, untuk di Kabupaten Sleman sendiri baru ada 3 destinasi wisata yang diperbolehkan uji coba pembukaan hingga saat ini dan mengantongi izin dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Sleman Dampingi Desa Wisata Dapatkan Sertifikat CHSE 

1. Di Sleman hanya Breksi, Merapi Park dan Ratu Boko yang boleh uji coba

Suparmono menjelaskan, tiga destinasi wisata yang saat ini diperbolehkan buka yakni Tebing Breksi, Merapi Park dan Ratu Boko. Untuk Ratu Boko sendiri, uji coba baru akan dilakukan pada Jumat (23/9/2021).

"Ini karena sudah izin resmi dari Kementerian. Sehingga kalau ada tempat pariwisata di luar ini yang sudah buka, itu hoaks. Beritanya itu hoaks," terangnya.

2. Ingatkan destinasi wisata lain belum waktunya buka

Benarkah Banyak Destinasi Wisata di Yogyakarta Sudah Buka?Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Suparmono. IDN Times/Siti Umaiyah

Suparmono menjelaskan, sebenarnya pihaknya secara rutin telah menugaskan staf untuk melakukan pemantauan ke masing-masing destinasi wisata. Dia pun mengimbau agar destinasi wisata manapun yang belum mendapatkan izin uji coba pembukaan agar tidak melanggar.

"Satgas kabupaten juga sering mantau. Kalau belum waktunya buka dan ternyata buka, kita ingatkan, belum waktunya buka," terangnya.

3. Seluruh DIY hanya 7 destinasi wisata yang diuji coba

Benarkah Banyak Destinasi Wisata di Yogyakarta Sudah Buka?Tebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, menjelaskan saat ini di seluruh wilayah DIY baru ada 7 destinasi wisata yang diperbolehkan untuk uji coba pembukaan. Ke-7 destinasi wisata tersebut meliputi Gembira Loka Zoo, Tebing Breksi, Merapi Park, Candi Ratu Boko, Pinus Sari Mangunan, Seribu Batu dan Hutan Pinus Pengger.

Dia pun berharap agar destinasi wisata yang lain bersabar terlebih dahulu hingga turunnya izin dari Kemenparekraf.

"Saat ini ada 7 yang sudah mengantongi uji coba. Sehingga saya berharap sabar terlebih dahulu karena sifatnya masih uji coba, kita lihat positif dan negatifnya. Sehingga kalau nanti sudah tertata dengan baik, maka seiring dengan penurunan level pasti akan diperbolehkan," paparnya.

Baca Juga: Aturan Berubah, PKL Kuliner Malam Malioboro Tetap Tutup Jam 21.00 WIB 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya