Comscore Tracker

Petani Bantul Panen Cabai Merah Besar, Harga Malah Anjlok 

Beberapa daerah panen, stok cabai melimpah

Bantul, IDN Times - ‎Sempat mengenyam harga hingga Rp50 ribu per kilogram, saat ini petani cabai merah besar di Kabupaten Bantul terpuruk. Cabai merah besar jenis imperial hanya laku di tempat pelelangan atau dibeli oleh pedagang cabai dengan harga di bawah Rp20 ribu per kilogram. Bahkan di awal pekan dihargai Rp16 ribu.

1. Awal panen cabai masih dihargai Rp50 ribu per kilo

Petani Bantul Panen Cabai Merah Besar, Harga Malah Anjlok Panen cabai merah besar.(IDN Times/Daruwaskita)

Salah seorang petani cabai merah besar jenis imperial di lahan pasir, Kalurahan Srigading, Kapanewon Sanden, Mugari mengatakan dua pekan lalu cabai miliknya masih laku di atas Rp50 ribu, namun harganya terus menurun. 

"Sempat harga cabai merah jenis imperial tembus Rp50 ribu per kilogram, namun kemudian turun di bawah Rp20 ribu," ucapnya, Jumat (23/9/2022).

2. Serangan lalat buah semakin merugikan petani‎

Petani Bantul Panen Cabai Merah Besar, Harga Malah Anjlok Buah cabai diserang lalat buah.(IDN Times/Daruwaskita)

Mugari mengatakan saat ini petani hanya mendapatkan keuntungan kecil karena biaya pemeliharaan cabai cukup besar. Antara lain untuk membeli obat-obatan pengusir atau mematikan hama.

"Saat ini hama yang paling banyak menyerang adalah lalat buah yang menyebabkan buah cabai menjadi layu dan membusuk," ucapnya.

Setiap kali petik cabai, setidaknya hampir lima persen cabai yang dipetik telah dimakan oleh lalat buah. Akibatnya tidak laku dijual dan cuma dibuang di tempat sampah atau hanya dikubur saja.

"Kalau petik cabai dapat satu kuintal rata-rata lima hingga 10 kilogram cabainya membusuk diserang lalat buah. Makanya setiap kali petik, kita sekalian membersihkan cabai yang diserang lalat buah agar tidak menular ke yang lainnya. Termasuk menyemprot dengan obat antilalat buah," ucapnya.

Baca Juga: Jalan Sultan Agung Bantul Ditutup, Kuliner Sate Klatak Sepi Peminat 

Baca Juga: 8 Wisata Malam di Bantul yang Populer, Ada Puncak Bibis!

3. Beberapa daerah panen, stok cabai melimpah

Petani Bantul Panen Cabai Merah Besar, Harga Malah Anjlok Cabai merah besar jenis imperial.(IDN Times/Daruwaskita)

Harga cabai yang terus mengalami penurunan, menurut pengepul cabai, Lusi disebabkan pabrik pengolahan cabai untuk sementara waktu menutup pasokan karena stok di gudang masih banyak. "Saat ini cabai merah besar itu hanya di jual di pasar saja sehingga tidak mampu menyerap semua panen milik petani yang berdampak harga cabai juga turun," katanya.

Di sisi lain petani cabai di wilayah Jawa Timur seperti di Jember dan Banyuwangi juga sedang panen raya cabai sehingga pasokan cabai melimpah. "Sementara itu mengirim cabai ke Sumatera dari Pulau Jawa juga terbatas karena di Sumatera juga sedang panen cabai," ungkapnya.

Baca Juga: Pencari Rumput di Bantul Temukan Bayi Perempuan di Sawah

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya