Libur Lebaran, Pemkab Bantul: Jangan Jualan dan Parkir Nuthuk

Jadilah tuan rumah yang baik bagi wisatawan 

Bantul, IDN Times - ‎Ratusan ribu wisatawan diprediksi akan berkunjung ke Kabupaten Bantul saat libur Lebaran. ‎Untuk itu, Pemkab Bantul mengimbau pelaku wisata, termasuk penjual dan juru parkir, agar tidak nuthuk atau memberi harga tak wajar bagi wisatawan.

1. Diprediksi ratusan ribu wisatawan akan berkunjung ke Bantul saat libur Lebaran

Libur Lebaran, Pemkab Bantul: Jangan Jualan dan Parkir NuthukIlustrasi objek wisata pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Wakil Bupati Bantul, Joko B Purnomo mengatakan, wisatawan akan membludak di Kabupaten Bantul saat libur Lebaran yang akan datang. Oleh karenanya, Pemkab Bantul mengajak masyarakat untuk menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan yang berkunjung ke Bantul.

"Kami Pemkab Bantul mengajak masyarakat Bantul menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan. Wisatawan dibuat nyaman dan aman saat berkunjung ke destinasi wisata yang ada di Bantul," katanya, Sabtu (14/4/2023).

2. Sarana dan prasarana untuk menunjang kedatangan wisatawan sudah disiapkan

Libur Lebaran, Pemkab Bantul: Jangan Jualan dan Parkir NuthukTPR Induk Pantai Parangtritis.(IDN Times/Daruwaskita)

Pria yang disapa akrab JP ini menjelaskan Pemkab Bantul telah berbenah untuk menyambut kedatangan wisatawan yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dalam rangka memperbaiki sarana dan prasarana kaitannya kesiapsiagaan dalam menerima kunjungan wisatawan.

"Kami juga sangat berterima kasih jajaran Polres, TNI dan instansi terkait lain sudah mempersiapkan jajarannya untuk pengamananannya selama arus mudik Lebaran hingga nantinya masyarakat yang akan berwisata," ungkap Joko.

Bagi masyarakat Bantul selain menjadi tuan rumah yang baik, juga diharapkan bisa menyiapkan tempat untuk kuliner, tempat parkir dan sebagainya sehingga Bantul benar-benar siap menerima kunjungan wisatawan saat libur panjang Lebaran mendatang.

"Kita jaga kondusivitas di Bantul, kita jaga keramahan kita dan kita sambut wisatawan dengan senyum dan baik agar wisatawan betah di Bantul," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Libur Lebaran, Kasus COVID-19 di Bantul Melonjak

3. Jualan dan tarik biaya parkir jangan 'nuthuk'‎

Libur Lebaran, Pemkab Bantul: Jangan Jualan dan Parkir NuthukIlustrasi menu kuliner seafood.(IDN Times/Daruwaskita)

Yang tak kalah pentingnya adalah pelaku wisata jangan menggunakan aji mumpung saat Bantul kebanjiran wisatawan. Antara lain dengan mematok harga kuliner maupun parkir yang nuthuk. Sebab tindakan itu akan mencoreng citra pariwisata di Bantul.

"Hindari tindakan nuthuk saat berjualan, saat menarik parkir. Sebab untuk parkir sudah ada aturannya sendiri. Itu tindakan yang mencoreng dunia pariwisata Bantul," tutup politisi PDI Perjuangan ini.

Baca Juga: Mudik Makin Dekat, Ini Rute Jalan di Bantul yang Berpotensi Macet   

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya