Comscore Tracker

Jatuh ke Sumur, Kakek di Gunungkidul Berhasil Selamat

Penyelamatan berlangsung dramatis

Gunungkidul, IDN Times - ‎Pianto (75) terjatuh ke dalam sumur yang tak jauh dari rumah korban di Padukuhan Winong RT 06, Kalurahan Siraman, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, pada Minggu (4/9/2022). Beruntung, ia berhasil diselamatkan oleh tim SAR.

1. Sang anak mencari korban yang tidak ada di kamarnya

Jatuh ke Sumur, Kakek di Gunungkidul Berhasil SelamatEvakuasi korban dari dalam sumur. (Dok.Basarnas Yogyakarta)

Koordinator Pos Basarnas Gunungkidul, Haryanto, mengatakan mulanya anak korban, Yunita, melihat korban masih berada di dalam kamar. Selanjutnya, Yunita pergi ke kamar mandi. Setelah dari kamar mandi, Yunita menengok korban di kamarnya. Namun, korban sudah tidak ada.

"Kemudian Yunita berteriak dan didengar oleh saudaranya. Keduanya mencari korban ke ladang di belakang rumah dan menengok sumur yang sudah kering dan ternyata korban berada di dalam sumur," ujarnya, Minggu (4/9/2022).

Baca Juga: Tercebur Sumur, Nenek 80 Tahun di Bantul Meninggal

2. Anak korban segera meminta pertolongan‎

Jatuh ke Sumur, Kakek di Gunungkidul Berhasil SelamatEvakuasi korban dari dalam sumur. (Dok.Basarnas Yogyakarta)

Haryanto mengatakan, keduanya kemudian menghubungi Pemadam Kebakaran Gunungkidul untuk meminta bantuan evakuasi korban dari dalam sumur. Pos Basarnas Gunungkidul langsung memberangkatkan satu tim rescue ke lokasi kejadian dengan membawa peralatan vertical rescue.

"Sesampainya di lokasi kemudian dilakukan koordinasi dengan potensi SAR yang ada dan kemudian melakukan proses evakuasi korban dari dalam sumur," ungkapnya.

3. Proses evakuasi berhasil, korban dalam kondisi selamat‎

Jatuh ke Sumur, Kakek di Gunungkidul Berhasil SelamatEvakuasi korban dari dalam sumur. (Dok.Basarnas Yogyakarta)

Setelah proses penyelamatan yang berlangsung sekitar 45 menit, korban akhirnya berhasil dievakuasi dari dasar sumur dalam kondisi selamat. Korban mengalami luka di bagian belakang kepala dan beberapa lecet-lecet di bagian kaki serta tangan.

"Korban selanjutnya dibawa ke RSUD Wonosari untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut," tuturnya.‎

Baca Juga: 127 Ribu Jiwa Warga Gunungkidul Terdampak Kekeringan

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya