Hiu Tutul Terdampar Lagi di Pantai Kuwaru, Diselamatkan Warga

Ikan hiu didorong ke tengah laut agar tetap bertahan hidup

Bantul, IDN Times - ‎Seekor ikan hiu tutul (hiu paus) atau yang akrab disebut hiu naga lintang kembali terdampar di pantai Bantul. Kali ini, satwa tersebut terdampar dalam kondisi masih hidup di Pantai Kuwaru, Kabupaten Bantul, pada Sabtu (18/11/2023) sekitar pukul 06.00 WIB.

1. Ikan hiu terlihat terdampar sekitar pukul 06.00 WIB‎

Hiu Tutul Terdampar Lagi di Pantai Kuwaru, Diselamatkan WargaIkan hiu terdampar hidup di Pantai Kuwaru Bantul. (Dok. SAR Satlinmas Wilayah IV Bantu)

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah IV Kabupaten Bantul, Nugroho, mengatakan keberadaan ikan hiu tutul tersebut pertama kali diketahui oleh nelayan yang akan turun melaut sekitar 06.00 WIB. Informasi tersebut selanjutnya disampaikan kepada anggota tim SAR yang sedang piket pagi hari.

"Yang melihat pertama kali ikan hiu terdampar adalah nelayan saat akan melaut. Ikan terdampar sekitar 50 meter dari bibir pantai pada lokasi yang dangkal," ujarnya.

2. Tim SAR dibantu warga mendorong ikan hiu menuju daerah palung

Hiu Tutul Terdampar Lagi di Pantai Kuwaru, Diselamatkan WargaIkan hiu terdampar hidup di Pantai Kuwaru Bantul. (Dok. SAR Satlinmas Wilayah IV Bantu)

Sejumlah petugas SAR dibantu warga setempat kemudian mencoba mendorong ikan hiu ke daerah yang lebih dalam. Hiu itu pun berhasil masuk ke palung.

"Jadi tak jauh dari lokasi hiu terdampar ada palung. Kita dorong ke arah palung dan akhirnya ikan hiu bisa berenang ke tengah," ucap Nugroho.

Baca Juga: Seekor Hiu Tutul Terdampar di Pantai Parangtritis Bantul

3. Diduga hiu itu sempat terdampar di Pantai Parangtritis pada Jumat kemarin‎

Hiu Tutul Terdampar Lagi di Pantai Kuwaru, Diselamatkan WargaSeekor ikan hiu tutul terdampar di Pantai Parangtritis. (Dok. SAR Satlinmas Wilayah III Bantul)

Nugroho menduga ikan hiu yang terdampar di Pantai Kuwaru adalah satwa yang sama dengan ikan hiu yang sempat terdampar di Pantai Parangtritis pada Jumat (17/11/2023) pagi kemarin.

"Kondisi ikan hiu memang tidak ada luka namun terlihat agak lemas. Mungkin itu juga sama dengan ikan hiu yang sempat terdampar di Pantai Parangkusumo dan berhasil didorong ke tengah laut oleh tim SAR Pantai Parangtritis," tutupnya.‎

Baca Juga: Hiu Tutul Terdampar di Pantai Parangtritis Akhirnya Dikubur

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya