Comscore Tracker

Harga BBM Naik, Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul Tak Ada Perubahan 

Badan promosi diharapkan mampu menaikkan jumlah kunjungan

Gunungkidul, IDN Times - ‎Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menyebut satu bulan pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tidak berpengaruh pada angka kunjungan wisatawan di Bumi Handayani.

1. Tak ada lonjakan dan penurunan jumlah wisatawan

Harga BBM Naik, Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul Tak Ada Perubahan Ilustrasi antrean sepeda motor di SPBU.(IDN Times/Daru)

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohammad Arif Alfian mengatakan pihaknya telah melakukan evaluasi dampak kenaikan BBM terhadap kunjungan wisatawan. Hasilnya kunjungan wisatawan tetap stabil. "Dari hasil evaluasi dan pantauan kami, tidak ada penurunan, namun juga tidak ada lonjakan. Stabil," katanya, Rabu (5/10/2022).

2. Target Dinas Pariwisata di Bulan September tak tercapai

Harga BBM Naik, Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul Tak Ada Perubahan Kawasan Pantai Selatan Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Dinas Pariwisata Gunungkidul sendiri kata Alfian berharap kunjungan wisatawan akan meningkat pada bulan September setelah sebelumnya turun. Namun harapan itu sirna ketika pemerintah membuat kebijakan menaikkan harga BBM bersubsidi.

"Ada kenaikan sedikit, kemudian stabil pasca kenaikan harga BBM bersubsidi," ucapnya.

Baca Juga: 6 Daya Tarik Pantai Gesing, Surga Tersembunyi di Gunungkidul

3. Pengurus baru Badan Promosi Gunungkidul diharapkan dongkrak kunjungan wisatawan

Harga BBM Naik, Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul Tak Ada Perubahan Ilustrasi objek wisata pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Pengukuhan kepengurusan baru Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Gunungkidul yang anggota berasal dari berbagai unsur pelaku wisata hingga akademisi, diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan melalui promosi. 

"Nanti BPPD Gunungkidul akan melakukan kajian dalam rangka promoi wisata di Gunungkidul," tuturnya.‎

Baca Juga: Siap Piknik, Kebun Bunga Amarilis di Gunungkidul sudah Mekar

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya