Guru Besar UGM Meninggal Usai Terseret Ombak di Pantai Gunungkidul

Tim SAR sempat melarikan korban ke Puskesmas Tepus

Gunungkidul, IDN Times - ‎Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Dr. dr. Samekto Wibowo, meninggal dunia usai terseret ombak di Pantai Pulang Sawal, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul pada Sabtu (24/9/2022). Korban meninggal dalam perjalanan ke Puskesmas Tepus.

1. Petugas sempat memberi peringatan

Guru Besar UGM Meninggal Usai Terseret Ombak di Pantai GunungkidulEvakuasi Guru Besar UGM yang menjadi korban laka laut di Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul, Sabtu (24/9/2022). (Dok. Sarsatlimas Wilayah II Gunungkidul)

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II, Gunungkidul, Surisdiyanto, mengatakan ‎kejadian tragis yang menimpa korban berawal ketika korban sedang berfoto bersama dengan rombongan di bawah tebing sebelah barat Pantai Pulang Sawal sekitar pukul 11.00 WIB.

"Petugas sudah berkali-kali menghimbau kepada korban dan rombongan agar menepi namun tak dihiraukan," katanya, Sabtu (24/9/2022).

Baca Juga: Bocah SD Tewas Tenggelam di Kolam Waterpark Bantul

2. Gelombang besar datang dan menghantam korban‎

Guru Besar UGM Meninggal Usai Terseret Ombak di Pantai Gunungkidulilustrasi ombak (IDN Times/Mardya Shakti)

Surisdiyanto melanjutkan, tiba-tiba gelombang besar datang menghantam korban dan membuat korban terseret ke tengah laut. Petugas yang melihat kejadian tersebut langsung menolong korban dan dibawa ke tepian pantai. Korban mengalami pingsan dan mulut berbusa diduga terlalu banyak minum air laut.

"Dikarenakan kondisi korban semakin melemah akhir korban dibawa ke Puskesmas Tepus," ungkapnya.

3. Korban meninggal dunia dalam perjalanan menuju Puskesmas Tepus

Guru Besar UGM Meninggal Usai Terseret Ombak di Pantai GunungkidulIlustrasi mobil ambulans. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Namun, dalam perjalanan menuju Puskesmas Tepus, korban mengalami henti nafas atau meninggal. Selanjutnya jenazah dikirim ke RSUD Wonosari.

"Jenazah saat ini berada di RSUD Wonosari," ucapnya.‎

Baca Juga: Abaikan Peringatan, Pelajar SMK Semarang Tergulung Ombak Parangtritis 

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya