Ada Gempa, Antusiasme Wisatawan ke Bantul Tetap Tinggi

Wisatawan diminta waspadai munculnya ubur-ubur beracun

Bantul, IDN Times - Gempa bumi magnitudo 6,4 yang berpusat di laut selatan Yogyakarta pada Jumat (30/6/2023) lalu tak berpengaruh pada kunjungan wisatawan. Antusiasme wisatawan untuk berkunjung ke Bantul tetap tinggi, bahkan meningkat.

1. Usai gempa bumi kunjungan wisata ke Bantul justru meningkat

Ada Gempa, Antusiasme Wisatawan ke Bantul Tetap TinggiIlustrasi wisatawan di pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi, mengatakan kunjungan wisatawan pascagempa, yakni pada Sabtu (1/7/2023) hingga pukul 19.00 WIB mencapai 9.816 orang dengan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp95 juta.

"Jadi memang tidak ada penurunan sebab setiap akhir pekan rata-rata kunjungan mencapai sekitar 7.500 orang hingga pukul 19.00 WIB. Jadi gempa bumi pada Jumat (30/1/2023) tak berpengaruh pada kunjungan wisatawan. Bahkan kunjungan wisata justru meningkat," katanya, Minggu (2/7/2023).

2. Tak ada potensi tsunami, wisatawan tetap kunjungi pantai

Ada Gempa, Antusiasme Wisatawan ke Bantul Tetap TinggiIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut pria yang akrab disapa Ipung ini, gempa bumi tak berpotensi tsunami sehingga wisatawan tetap membanjiri pantai yang menjadi andalan Pemkab Bantul. Pantai juga menjadi penyumbang terbanyak kunjungan wisata di Bumi Projotamansari.

"Ini akan beda ceritanya ketika gempa kemarin ada peringatan tsunami maka dipastikan wisatawan akan berpikir ulang berkunjung ke objek wisata pantai di Bantul," ungkapnya. "Kerusakan akibat gempa juga tergolong kategori ringan sehingga tak bikin wisatawan takut datang ke Bantul."

Ipung menjelaskan, total kunjungan wisatawan selama libur Idul Adha, Rabu (28/6/2023) hingga Sabtu (1/7/2013) mencapai 34.179 wisatawan. "Jika dirata-rata kunjungan per harinya mencapai 8 ribuan wisatawan," ungkapnya.

Baca Juga: Tak Kuat Nanjak, Bus Wisata Terguling di Tepus Gunungkidul

3. Waspadai munculnya ubur-ubur beracun di pantai

Ada Gempa, Antusiasme Wisatawan ke Bantul Tetap TinggiWisatawan di Pantai Parangtritis tersengat ubur-ubur beracun.(Dok. Istimewa)

Lebih jauh, Ipung meminta wisatawan yang berkunjung ke pantai agar berhati-hati. Sebab, sejak pekan terakhir ini muncul ubur-ubur beracun yang bisa mengakibatkan gatal hingga panas jika tersengat.

"Ubur-ubur beracun ini sudah muncul beberapa hari yang lalu di kawasan Pantai Parangtritis dan sekitarnya," tuturnya.

Baca Juga: 5 Fakta Ubur-ubur Physalia, Sering Muncul di Pantai Jogja

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya