2 Juta Pemudik Bakal Masuk ke Bantul, Petugas Siapkan Pos Penjagaan   

Wisatawan dilarang lewat jalur Cinomati

Bantul, IDN Times - ‎Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul memprediksi sekitar dua juta orang akan masuk wilayah Kabupaten Bantul pada H-7 hingga H+7 Lebaran. Ratusan personel akan diterjunkan untuk memperlancar arus lalu lintas.

1. 2 juta orang adalah pemudik dan wisatawan

2 Juta Pemudik Bakal Masuk ke Bantul, Petugas Siapkan Pos Penjagaan   Ilustrasi wisatawan di pantai.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Prasarana Transportasi, Dinas Perhubungan Bantul, Suyamto mengatakan prediksi jutaan orang yang memasuki Bantul tidak hanya para pemudik yang pulang kampung namun juga wisatawan yang akan menikmati objek wisata di Bumi Projotamansari.

"Jumlah itu ada yang murni mudik ke kampung halaman namun juga ada yang mudik sambil berwisata ataupun murni wisatawan," katanya, Sabtu (1/4/2023).

2. Sejumlah pos pemantauan dan pengamanan wisata didirikan

2 Juta Pemudik Bakal Masuk ke Bantul, Petugas Siapkan Pos Penjagaan   Objek wisata Hutan Pinus Mangunan.(daruwaskita)

Mengantisipasi kemacetan menuju objek wisata, pihaknya mendirikan pos pemantauan dan pengamanan yang diprediksi dipadati oleh pengunjung.

"Pos pengamanan akan didirikan di TPR Pantai Parangtritis dan pos pemantauan di lima lokasi yakni di objek wisata Hutan Pinus Mangunan, Puncak Becici, Pinus Pengger, jalur Cinomati dan Jembatan Kretek 2," ungkapnya. 

"Pos pengamanan dan pemantauan akan berlangsung hingga H+7 Lebaran namun mungkin bisa diperpanjang," imbuh Suyamto.

Sementara itu pada H-7 Lebaran, pengamanan akan difokuskan kepada pengamanan arus lalu lintas khususnya mudik Lebaran. Pos pengamanan arus lalu lintas bersama dengan Polres Bantul dilakukann di lima lokasi, yaitu di Klangon Argosari Sedayu, Jalan Srandakan, Pos Induk Gabusan (Jalan Parangtritis), Piyungan (Simpang tiga Jalan Jogja-Wonosari dan TPR Parangtritis.

"Ada petugas yang patroli di tiitk rawan kepadatan lalu lintas. Harapannya ketika ada petugas yang mengatur lalu lintas maka tidak terjadi kemacetan," tandasnya.

Baca Juga: Bantul Targetkan 200 Ribu Wisatawan saat Libur Lebaran

Baca Juga: 5 Swalayan Murah di Bantul, Cocok untuk Belanja Kebutuhan Lebaran

3. Wisatawan dilarang lewat jalur Cinomati‎

2 Juta Pemudik Bakal Masuk ke Bantul, Petugas Siapkan Pos Penjagaan   Truk terguling di Jalan Cinomati.(Dok.Polres Bantul)

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan, Bantul, Singgih Riyadi menegaskan personel juga ditempatkan di jalur Cinomati yang rawan kecelakaan. Petugas akan melarang wisatawan melintas jalur yang dikenal punya tanjakan dan turunan ekstrem tersebut.

"Kendaraan wisatawan kita alihkan tidak melewati Cinomati jika ingin berwisata ke Dlingo. Sudah banyak mobil tak kuat nanjak hingga kecelakaan tunggal terjadi di jalur Cinomati," katanya.‎

Baca Juga: Ikuti Google Maps, Truk Terguling di Jalan Cinomati Bantul

Hironymus Daruwaskita Photo Community Writer Hironymus Daruwaskita

Main sambil kerja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya