Comscore Tracker

Viral Penumpang Jatuh saat Kejar Kereta di Stasiun Tugu

Ini penjelasan PT KAI Daop 6 terkait insiden tersebut

Yogyakarta, IDN Times - Sebuah video amatir merekam calon penumpang yang terjatuh di peron Stasiun Yogyakarta, Kota Yogyakarta, ketika berusaha mengejar kereta api yang sudah bergerak, Minggu (18/9/2022). Kejadian tersebut mengakibatkan penumpang itu kakinya terjatuh ke celah antara kereta dan peron.

Dalam video tersebut, terlihat seseorang yang berlarian mengejar kereta api yang mulai berjalan. Calon penumpang itu nampak memaksa masuk, padahal pintu kereta sudah mulai tertutup. Aksi nekat penumpang itu pun dicegah oleh petugas.

PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 pun turut memberikan tanggapan terkait video tersebut.

1. Kronologi kejadian menurut PT KAI

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo, membenarkan peristiwa yang viral di media sosial itu. Insiden itu terjadi kepada penumpang KA Bangunkarta relasi Jombang-Pasar Senen. Berdasarkan informasi petugas stasiun, penumpang sebelumnya sudah berada di kereta dan ketika kereta berhenti di Stasiun Yogyakarta penumpang tersebut turun untuk membeli makanan.

"Pada saat kembali, kereta sudah melaju dan ditahan petugas keamanan agar tidak naik, namun penumpang tetap berusaha naik sehingga akhirnya satu kakinya terjatuh ke sela-sela antara peron dan kereta," ucap Franoto, Senin (19/9/2022).

Baca Juga: Kabel Alat Penanak Nasi Tak Dicabut, Warung di Jalan Wonosari Terbakar

2. Pertolongan pertama

Viral Penumpang Jatuh saat Kejar Kereta di Stasiun TuguIlustrasi kereta api. (IDN Times/Paulus Risang)

Franoto menambahkan bahwa selanjutnya petugas stasiun membawanya ke Pos Kesehatan di Stasiun Yogyakarta untuk mendapatkan pertolongan pertama dan segera menghubungi Klinik Mediska Yogyakarta untuk penyediaan ambulans untuk membawanya ke rumah sakit Panti Rapih.

"Kejadian ini mengakibatkan dislokasi di tulang lututnya. Dilakukan pertolongan pertama, selanjutnya dibawa ke rumah sakit," ucap.

3. Imbauan untuk penumpang

Viral Penumpang Jatuh saat Kejar Kereta di Stasiun Tuguilustrasi penumpang kereta api (dok. PT KAI)

Fran menghimbau jika penumpang ada keperluan mendesak sehingga harus turun di suatu stasiun, diharapkan agar berkoordinasi terlebih dahulu dengan petugas di kereta api.

"Nomor telepon petugas yang berdinas selalu ada di dinding kereta untuk memudahkan bertukar informasi," ucap Franoto.

Menurutnya, jeda kereta berhenti untuk turun naik penumpang di suatu stasiun, tidak lama, rata-rata hanya 3-5 menit. Untuk itu, Franoto menghimbau agar penumpang selalu memperhatikan pemberitahuan di stasiun dan di dalam kereta. Hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah memperhitungkan waktu kedatangan ke stasiun ketika akan berangkat menggunakan kereta api.

Franoto berpesan agar penumpang kereta tidak datang terlalu dekat dengan waktu keberangkatan kereta.

"Kami tekankan lagi agar penumpang mematuhi arahan petugas di stasiun sehingga ketertiban dan keselamatan tetap terjaga," ucap Franoto.

Baca Juga: Mahasiswa UNY Tewas Tersengat Listrik saat Main Bola Basket

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya