UMY Meluncurkan Program Magister Media dan Komunikasi

Ada dua peminatan unggulan

Bantul, IDN Times - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengumumkan peluncuran Program Magister Media dan Komunikasi (MedKom). Program MedKom menawarkan dua peminatan unggulan, yakni Manajemen Komunikasi dan Media Digital serta Kajian Media dan Budaya Digital.

Pendirian Program Magister ini didorong oleh kebutuhan akan tenaga ahli di bidang komunikasi yang memiliki pemahaman mendalam tentang dinamika era digital. MedKom UMY mengutamakan spesialisasi di bidang digital, menjadikannya sebagai fokus utama dalam perancangan kurikulum.

1. Program magister untuk melatih para profesional

UMY Meluncurkan Program Magister Media dan KomunikasiKetua Pendirian Prodi Magister MedKom UMY, Firly Annisa. (Dok. Istimewa)

Ketua Pendirian Prodi Magister MedKom UMY, Firly Annisa mengatakan profesi komunikasi saat ini membutuhkan keahlian khusus di era digital. Kemampuan seperti manajemen komunikasi, perspektif multikultural, dan kajian di bidang budaya dan media digital menjadi kunci eksistensi profesi komunikasi agar tidak terdistrupsi.

"Dengan Program Magister ini, kami berkomitmen untuk melatih para profesional komunikasi masa depan seperti para akademisi, ASN, politisi, dan entrepreneur yang siap menghadapi tantangan era digital," ujar Firly Annisa, Selasa (20/2/2024).

2. Ini tujuan dua peminatan dihadirkan

UMY Meluncurkan Program Magister Media dan KomunikasiIllustration of activities on social media (fFreepik.com/Pikisuperstar)

Peminatan pertama, Manajemen Komunikasi dan Media Digital, ditujukan bagi mereka yang tertarik mengembangkan strategi komunikasi yang efektif di era digital. Sementara peminatan kedua, Kajian Media dan Budaya Digital, memberikan penekanan pada pemahaman mendalam terhadap budaya digital dan analisis kritis terhadap media massa.

"Pendirian Magister Media dan Komunikasi UMY sangat penting untuk memperkuat penyelenggaraan akademik di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Ini menjadi langkah strategis dalam mendukung kebutuhan akan tenaga ahli yang kompeten dan
berdaya saing di bidang media dan komunikasi," ujar Wakil Direktur Pasca Sarjana UMY, Prof. Zuly Qodir.

Baca Juga: UMY Berusia 43 Tahun, Tak Ingin Mahasiswa hanya Menjadi Penonton

3. Informasi penerimaan mahasiswa

UMY Meluncurkan Program Magister Media dan Komunikasiilustrasi mahasiswa (unsplash.com/Jeswin Thomas)

Program Magister Media dan Komunikasi UMY diharapkan menjadi langkah signifikan dalam mempersiapkan generasi komunikator yang unggul dan mampu beradaptasi dengan perubahan cepat di dunia media digital. Penerimaan mahasiswa baru sudah dibuka dengan periode Februari - Agustus 2024. Masa in-take perkuliahan di bulan September 2024.

"UMY mengundang para calon mahasiswa yang berminat untuk menjadi bagian dari keluarga MedKom UMY," tutup Prof. Zuly Qodir.

Baca Juga: Ribuan Calon Mahasiswa Asing Tertarik Kuliah di UMY

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya