Penjabat Baru Wali Kota Jogja dan Bupati Kulon Progo Dilantik

Diharap bantu sukseskan visi gubernur

Yogyakarta, IDN Times - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X melantik Penjabat Walikota Yogyakarta, dan Penjabat Bupati Kulon Progo, di Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Senin (22/5/2023). Penjabat Walikota Yogyakarta diisi oleh Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Singgih Raharja, dan Penjabat Bupati Kulon Progo diisi oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub DIY), Ni Made Dwipanti Indrayanti.

"Menurut hemat saya, keduanya akan dapat menunaikannya dengan baik, karena berbagai pengalaman menjabat di sektor-sektor strategis tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik di Pemda DIY," kata Sultan.

1. Dukung mewujudkan visi gubernur

Penjabat Baru Wali Kota Jogja dan Bupati Kulon Progo DilantikGubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sultan menilai kedua penjabat juga cukup mengenal peta sosio-kultural kemasyarakatan Kabupaten Kulon Progo dan Kota Yogyakarta. Sehingga bisa diharapkan, manajemen pemerintahan sementara yang dijalankannya, akan selalu berbasis pada kepentingan masyarakat.

"Hal ini seiring upaya mendukung pencapaian Visi Gubernur Mewujudkan Pancamulia Masyarakat Jogja melalui Reformasi Kalurahan, Pemberdayaan Kawasan Selatan, serta Pengembangan Budaya Inovasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi,” ungkap Sultan.

2. Tekan angka kemiskinan

Penjabat Baru Wali Kota Jogja dan Bupati Kulon Progo DilantikPelantikan Penjabat Walikota Yogyakarta, Singgih Raharja. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Adapun outcome dari visi Gubernur yang diharapkan mencakup semakin kecilnya tingkat kemiskinan, kualitas SDM Yogyakarta yang dapat diandalkan. Lalu, lingkungan hidup yang lebih baik, aman dan tenteram. 

"Kehidupan ekonomi yang layak. Mengecilnya ketimpangan antar kelas sosial dan antar wilayah, serta Good-governance pada berbagai tingkatan," harap Sultan.

Baca Juga: Beny Suharsono Dilantik Jadi Sekda DIY, Diminta Jaga Kesejukan Pemilu

3. Ajak jaga netralitas ASN

Penjabat Baru Wali Kota Jogja dan Bupati Kulon Progo DilantikPelantikan Penjabat Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Sultan juga mengingatkan di masa jelang pesta demokrasi, Penjabat Bupati dan Walikota, diharapkan dapat pula mengantisipasi fluktuasi dinamika sosial-politik. Untuk itu, keduanya harus aktif menjaga kohesi sosial, dengan menyemai nilai-nilai budaya dan Keistimewaan Yogyakarta, untuk menyejukkan suasana.

"Tegakkan netralitas ASN, agar pemilihan serentak dapat terlaksana dengan adil, jujur dan bermartabat," ujar Sultan.

Baca Juga: Ingatkan Lurah Soal TKD, Sultan: Menyalahgunakan, Tunggu Saja

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya