Pemkab Sleman Gelar Pasar Murah, Cegah Lonjakan Harga Jelang Nataru

Pasar murah disambut antusias masyarakat

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menyelenggarakan Gelar Pangan Murah di Lapangan Pendowoharjo, Sleman, Selasa (13/12/2022). Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya Pemkab Sleman untuk mengendalikan kenaikan harga bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru)

“Kita dalam rangka ikut mengendalikan harga, karena beberapa komoditas mengalami kenaikan harga menjelang Nataru. Ini juga untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk bisa mendapatkan bahan pokok dengan lebih murah,” kata Kepala Bidang Usaha Perdagangan Disperindag Sleman, Kurnia Astuti, saat ditemui di lokasi Gelar Pangan Murah.

1. Puluhan ton kebutuhan pokok

Pemkab Sleman Gelar Pasar Murah, Cegah Lonjakan Harga Jelang NataruGelar Pangan Murah di Lapangan Pendowoharjo, Sleman, Selasa (13/12/2022). (Dok. Pemkab Sleman)

Berbagai komoditas bahan pokok, seperti minyak, gula, beras, telur, daging ayam, dan terigu, dijual di bawah harga pasar dalam Gelar Pangan Murah ini. 

“Ini harga distributor. Jadi harga pasar, kami berikan biaya distribusi sehingga akhirnya dapat harga lebih murah, karena kita dapatnya sudah harga distributor. Total keseluruhan bahan pokok sebanyak 43,5 ton, yang terdiri beras, minyak, gula, telur, daging ayam, dan terigu,” kata Kurnia.

Dalam prosesnya, Disperindag Sleman melakukan pembatasan untuk setiap transaksi agar dapat penjualan bahan pokok dapat lebih merata.

“Kita batasi per sekali transaksi, untuk beras kita batasi 25 kg, minyak goreng 6 liter, gula 10 kg, terigu 25 kg, dan telur ayam 15 kg,” ujar Kurnia.

Baca Juga: Disbud Sleman Beri Penghargaan kepada Pelaku Seni Budaya

2. Dilakukan di sejumlah lokasi

Pemkab Sleman Gelar Pasar Murah, Cegah Lonjakan Harga Jelang NataruGelar Pangan Murah di Lapangan Pendowoharjo, Sleman, Selasa (13/12/2022). (Istimewa/Pemkab Sleman).

Gelaran pasar murah di Lapangan Pendowoharjo sendiri merupakan kali ketiga pasar murah digelar oleh Disperindag Sleman sejak Kamis (8/12/2022). Rencananya gelaran pasar murah ini akan dilakukan 4 kali, dan akan dibagi di masing-masing zona di Sleman, yaitu Sleman Utara, Sleman Barat, Sleman Tengah, dan Sleman Timur. 

“Ini sudah kita gelar di hari ketiga. Kita memang melaksanakannya 4 kali di semua zona Sleman. Sleman Utara sudah kita mulai di Lapangan Candibinangun (Pakem), terus kemarin hari Sabtu (10 Desember 2022) masuk ke Sleman Barat di Lapangan TGP (Seyegan), dan hari ini mewakili Sleman Tengah di Lapangan Pendowo, dan nanti di akhir tanggal 15 Desember kami akan masuk di Lapangan Raden Ronggo (Kalasan) untuk memfasilitasi masyarakat di Sleman Timur,” jelas Kurnia.

3. Warga antusias sambut pasar murah

Pemkab Sleman Gelar Pasar Murah, Cegah Lonjakan Harga Jelang NataruGelar Pangan Murah di Lapangan Pendowoharjo, Sleman, Selasa (13/12/2022). (Istimewa/Pemkab Sleman).

Kurnia mengakui, masyarakat sangat antusias dengan pagelaran pasar murah ini karena seluruh bahan pokok yang disediakan terjual habis sebelum pasar murah ditutup. “Kita buka jam 9 pagi sampai jam 2 siang, tapi jam 12 itu rata-rata sudah habis,” kata Kurnia.

Hal tersebut diamini oleh Siti, salah satu warga yang berbelanja kebutuhan pokoknya di pasar murah ini. Menurutnya, pagelaran pasar murah ini sangat membantu dirinya untuk mencukupi kebutuhan pokok keluarga, di tengah kenaikan harga bahan pokok seperti beras dan telur ayam. “Senang sekali, karena harganya lebih murah dari yang di pasar,” ujarnya.

Baca Juga: Jelang Libur Nataru Desa Wisata di Sleman Diminta Bersiap    

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya