NasDem Bebaskan Anies Baswedan Pilih Cawapres  

Ketua DPP NasDem, Willy Aditya nyatakan tdak ada kriteria

Sleman, IDN Times - Partai NasDem menyebut menyerahkan sepenuhnya kepada Anies Baswedan terkait pemilihan bakal calon wakil presiden. Ruang negosiasi dengan partai lain juga dibuka untuk mendampingi Anies.

Ketua DPP NasDem, Willy Aditya mengatakan saat ini belum ada kesepakatan terkait calon wakil presiden untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 nanti. "Itu belum kami sepakati, dari perspektif NasDem kami serahkan pada Pak Anies untuk memilih dan menentukannya," ujar Willy, saat ditemui di UGM, Senin (10/10/2022).

1. Posisi cawapres jadi ruang negosiasi

NasDem Bebaskan Anies Baswedan Pilih Cawapres  Ketua DPP NasDem, Willy Aditya.IDN Times/Herlambang Jati

Menurut Willy, posisi calon wakil presiden disebut menjadi ruang negosiasi dengan partai koalisi. Saat disinggung kriteria calon pendamping Anies, Willy menyebut tidak ada.

"Kalau NasDem enggak ada, kami inginnya dwitunggal. Tidak ingin kawin paksa ya sudah saling melengkapi saja, tapi kriterianya ya kalau sejauh ini kalau bicara tentang variabel-variable kuantitatif, dan kualitatif itu bisa saja," ucap Willy.

Willy menekankan domain untuk posisi ini adalah partai koalisi. "Partai koalisi nanti yang akan merembuk siapa yang akan mendampingi Pak Anies. Dari NasDem sendiri kami tidak punya preferensi internal, tidak ada kader internal yang akan kami sodorkan," ujarnya.

 

2. Peluang AHY dampingi Anies masih berkembang

NasDem Bebaskan Anies Baswedan Pilih Cawapres  Ketua Umum Partai Demokrat Agus Yudhoyono (AHY) ketika menemui Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI pada 5 Mei 2021 (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Diketahui belum lama ini, Anies bertemu dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Saat disinggung apakah AHY berpeluang menjadi pendamping Anies, Willy menyebut sejauh ini masih terus berkembang.

"Kita lihatlah nanti siapa yang akan (jadi cawapres) kan masih ada waktu yang cukup lama panjang dan proses ini juga bisa didalami. Prinsipnya ya saling melengkapi lah, kita ingin dwitunggal yang jos markojos, top markotop yang akan bersama-sama membawa kita menuju Indonesia Raya," ujar Willy.

Baca Juga: Hormati NasDem, AHY Bicara Kans Maju Pilpres dengan Anies

3. Jalin komunikasi dengan partai lain

NasDem Bebaskan Anies Baswedan Pilih Cawapres  Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasional Demokrat (NasDem) Willy Aditya di Rakernas NasDem, JCC Senayan, Jakarta. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Willy menyebut NasDem terus melakukan komunikasi dengan partai lain. Dicontohkan dengan Partai Demokrat dan PKS. "Kami sudah membuat tim khusus yang membuat pendalaman secara platform, cawapres dan waktu tentu InsyaAllah dalam waktu dekat kita akan lihat," ujar Willy.

Ia menyebut sudah ada beberapa kesepahaman yang jadi kesepakatan. Diharapkan segera ada titik terang dan dalam waktu dekat bisa diumumkan. "Tapi dinamikanya masih terjadi. Ada beberapa satu, dua yang masih ya belum kita sepakati tapi secara garis umum Anies menjadi benang merah kesepakatan bersama dari tiga partai," kata Willy.

Baca Juga: NasDem Usung Anies di Pilpres 2024, Pengamat: KIB Bisa Goyah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya