Menikah di Pendopo Royal Ambarrukmo Harus dengan Adat Jawa

Jadi opsi venue pernikahan Kaesang dan Erina

Sleman, IDN Times - Pihak manajemen Royal Ambarrukmo Yogyakarta menyebut penyelenggaraan pernikahan di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta harus menggunakan tradisi Jawa. Kebijakan tersebut tidak lepas dari sejarah panjang Pendopo Royal Ambarrukmo.

General Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Herman Courbois, menyebut penggunaan Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta banyak digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari upaya pelestarian budaya, berbagai kegiatan seperti pameran hingga pernikahan.

1. Syarat pernikahan di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta

Menikah di Pendopo Royal Ambarrukmo Harus dengan Adat JawaGeneral Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Herman Courbois. (IDN Times/Herlambang Jati)

Pandemik Covid-19 membuat masyarakat memilih menyelenggarakan berbagai kegiatan di ruang terbuka. Pasalnya, sirkulasi udara dinilai lebih baik. Perubahan preferensi masyarakat itu membuat Pendopo Royal Ambarrukmo menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk melangsungkan pernikahan.

Meski begitu, ada syarat khusus bagi masyarakat yang ingin menggunakan Royal Ambarrukmo sebagai venue pernikahan. “Ada syarat di sini kalau bikin wedding di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta harus dengan suasana Jawa, tidak boleh dengan suasana yang lain, chinese set atau internasional yang lain, benar-benar Javanese,” ujarnya.

Baca Juga: Kaesang-Erina Jadi Gelar Resepsi di Royal Ambarrukmo?

2. Bentuk penghormatan sejarah

Menikah di Pendopo Royal Ambarrukmo Harus dengan Adat JawaPendopo Agung Kedaton Ambarrukmo (instagram.com/royalambarrukmo)

Syarat khusus kewajiban penyelenggaraan dengan suasana Jawa tersebut sebagai bentuk penghormatan pada sejarah tempat ini. “Kita hormati tempat kita berada ini. Ini memang kita ada paketnya,” ujar Herman.

Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo tersebut merupakan bangunan bersejarah, cagar budaya dan menjadi salah satu bangunan utama dari kesatuan kompleks Pesanggrahan Kedaton Ambarrukmo, yang awalnya dibuat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono II, kemudian dilanjutkan dan dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono V dan disempurnakan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono VII.

3. Jadi opsi tempat pernikahan Putra Jokowi

Menikah di Pendopo Royal Ambarrukmo Harus dengan Adat Jawapotret prewedding Kaesang dan Erina Gudono (@iluminen via instagram.com/erinagudono)

Dikabarkan lokasi Pendopo Royal Ambarrukmo ini dikabarkan menjadi opsi lokasi pernikahan putra kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono. Jokowi bersama dengan sejumlah Menteri juga pernah meninjau tempat ini.

Meski begitu, setelah kunjungan tersebut hingga saat ini belum ada komunikasi lebih lanjut. Pihak Manajemen hotel juga masih menunggu kabar, apakah jadi atau tidak. “Sampai saat ini kayaknya dua alternatif kalau di Yogyakarta di UGM atau Royal Ambarrukmo,” ujar Herman.

Baca Juga: Sejarah Kedaton Ambarrukmo, Diisukan Jadi Venue Nikahan Kaesang-Erina

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya