Comscore Tracker

Mantan Bupati Bantul Dapat Amanah Antar Air Siraman Kaesang

Tidak dititipi wejangan khusus

Sleman, IDN Times - Mantan Bupati Bantul, Sri Roso Sudarmo mendapat amanah menyerahkan air siraman untuk pernikahan putra presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, dan Erina Gudono. Air untuk siraman tersebut diambil dari tujuh sumber.

Air siraman tersebut juga didoakan pada saat pengajian di rumah Erina, di Purwosari, Sinduadi, Mlati, Kamis (8/12/2022). Pengajian tersebut dimulai sekitar pukul 15.00 WIB - pukul 17.30 WIB. Seblumnya juga dilangsungkan semaan Al Qur'an.

1. Tujuh sumber mata air

Mantan Bupati Bantul Dapat Amanah Antar Air Siraman KaesangErina Gudono dalam momen pengajian sebelum nikah (Dok. Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina/Rusman)

Diketahui tujuh sumber mata air siraman Kaesang-Erina berasal dari Pengging di Kabupaten Boyolali, Masjid Al-Wustho di Solo, Masjid Agung Keraton Surakarta, Keraton Kasunanan Surakarta, rumah ibunda Presiden Jokowi almarhum Notomiharjo, Pura Mangkunegaran, dan dari umah pribadi Solo.

"Saya ditugasi untuk mengantarkan tirto perwitasari, air dari tujuh sumber sebagai tata cara yang akan dipakai siraman penganten kakung di Solo," kata Roso.

Baca Juga: 9 Momen Pengajian Jelang Pernikahan Kaesang, Erina Tampil Anggun

2. Belum tahu diserahkan ke siapa

Mantan Bupati Bantul Dapat Amanah Antar Air Siraman KaesangMantan Bupati Bantul, Sri Roso Sudarmo mendapat amanah menyerahkan air siraman untuk pernikahan Kaesang-Erina. (IDN Times/Herlambang Jati)

Roso menyebut kurang mengetahui siapa nantinya yang akan menerima air dari tujuh sumber itu. "Saya gak tahu, saya tugasnya menyerahkan saja," kata Roso.

Dia juga menyebut tidak ada pesan khusus. "Wejangan khusus gak ada," ucap Roso yang juga tetua di Purwosari.

3. Prosesi pernikahan Kaesang Erina

Mantan Bupati Bantul Dapat Amanah Antar Air Siraman KaesangSemaan Al-Qur'an dalam rangkaian acara pernikahan Kaesang Erina, Kamis (8/12/2022). (Dok. Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina/Rusman)

Diketahui setelah acara semaan Al Qur'an dan pengajian, Kamis (8/12/2022) ini. Selanjutnya pada Jumat (9/12/2022) akan dilangsungkan upacara pasang bleketepe tuwuhan dan upacara siraman calon pengantin putri.

Pada malam harinya, akan ada upacara malam midodareni. Pada Sabtu (10/12/2022), dilangsungkan upacara akad nikah dan panggih pengantin.

Baca Juga: Warga Purwosari Antusias Nobar Prosesi Pernikahan Kaesang-Erina

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya