Maguwoharjo Direnovasi, Wabup Ingin PSS Berikan yang Terbaik      

Anggaran renovasi Stadion Maguwoharjo sekitar Rp124 miliar 

Sleman, IDN Times - Stadion Maguwoharjo Sleman bakal direnovasi besar-besaran. Direncanakan terdapat enam bidang pengejaan dengan pagu anggaran sekitar Rp124 miliar. Renovasi tersebut melalui pembiayaan APBN tahun anggaran 2023-2024 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, merinci bahwa ada enam bidang yang akan dikerjakan melalui pembiayaan APBN, meliputi bidang arsitektural, struktural, elektrikal, sanitasi, landscape, dan pemasangan single seat. “Dalam lingkup itu rinciannya ada penambaan ruang VVIP, penambahan gate, dan pemasangan single seat. Rencana rehabilitasinya dan renovasi sesuai dengan item usulan kami sebelumnya,” ujar Danang Maharsa, Sabtu (4/11/2023). 

1. Pagu pembiayaan capai Rp124 miliar

Maguwoharjo Direnovasi, Wabup Ingin PSS Berikan yang Terbaik      Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa. (Dok. Istimewa)

Danang mengatakan pembenahan elektrikal yang dimaksud termasuk lampu pertandingan, lampu penerangan, dan pembenahan instalasi jaringan videotron, lift untuk VVIP, score board, dan penangkal petir. Danang bersyukur, akhirnya Stadion Maguwoharjo segera direnovasi melalui sokongan dana pusat. Ia menyebut sudah berulang kali tim dari Kementerian PUPR melakukan survei dan rapat dengan Pemkab Sleman.

“Untuk pagu pembiayaan sebesar Rp124 miliar itu dari APBN, tendernya sudah ada di LPSE PU, sudah dilelang,” kata Danang.

2. Sejumlah renovasi menggunakan APBD

Maguwoharjo Direnovasi, Wabup Ingin PSS Berikan yang Terbaik      Ilustrasi Anggaran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Renovasi stadion, akan dikerjakan langsung oleh Kementerian PUPR, melalui satuan kerja pelaksana prasarana pemukiman Pemda DIY. Termasuk penyusunan Detail Engineering Design (DED). Pemkab Sleman hanya mengusulkan lingkup bidang pengerjaannya.

Danang mengungkap, selain dukungan APBN, Pemkab Sleman melalui APBD 2023 mulai melakukan renovasi di beberapa bagian. Namun, jika hanya mengandalkan APBD kemungkinan butuh waktu lebih lama proses renovasinya. 

“Sejauh ini renovasi beberapa bagian sudah dilakukan melalui APBD, termasuk APBD 2023 ini,” ungkap Danang Maharsa.

Baca Juga: Renovasi Stadion Maguwoharjo Tahap Tender, Pagu Anggaran Rp124 Miliar

3. Akhir tahun mulai dilakukan renovasi

Maguwoharjo Direnovasi, Wabup Ingin PSS Berikan yang Terbaik      PSS Sleman saat melawan RANS Nusantara FC, di Stadion Maguwoharjo, Minggu (30/7/2023). (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Danang memastikan, akhir tahun tahapan pengerjaan renovasi di Stadion Maguwoharjo dimulai. Danang menambahkan, Pemerintah Kabupaten Sleman serius melakukan upaya untuk merenovasi Stadion Maguwoharjo yang merupakan homebase PSS Sleman, ia berharap manajemen PSS Sleman juga serius dalam mengelola klub.

"Kami (Pemkab Sleman) serius dalam melakukan upaya renovasi Stadion Maguwo Kandang PSS ini, manajemen PSS Sleman juga harus serius dalam mengelola klub untuk memberikan yang terbaik bagi Sleman Fans dan masyarakat Sleman pada umumnya," imbuh Danang.

Perlu diketahui, tahun 2024 mendatang Kementerian PUPR akan merenovasi 22 stadion di Indonesia. Dengan total anggaran Rp1,9 triliun. Stadion Maguwoharjo Sleman masuk daftar prioritas tersebut.

Baca Juga: PSS Sleman Vs Bali United Berujung Ricuh, Bench Pemain Rusak

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya