Ketua Umum PP Muhammadiyah Angkat Bicara Soal Childfree

Masalah childfree heboh di media sosial 

Sleman, IDN Times - Keua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Haedar angkat bicara tentang childfree.Kepada wartawan, Haedar mengatakan menurutnya pernikahan dan mempunyai keturunan adalah Sunatullah.

1. Perlu membangun tatanan kehidupan normal di masyarakat

Ketua Umum PP Muhammadiyah Angkat Bicara Soal Childfreeilustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Dikatakan Haedar masalah tersebut dinilai sangat subjektif atau pilihan individu. Meski demikian, dalam konteks yang lebih luas dinilai tetap perlu membangun tatanan normal di masyarakat.

"Bahwa kehidupan itu menikah dan melanjutkan keturunan adalah sunnatullah, gitu saja pesan saya," ujar Haedar, di UIN Sunan Kalijaga, Senin (13/2/2023).

2. Pernikahan untuk memiliki keturunan

Ketua Umum PP Muhammadiyah Angkat Bicara Soal ChildfreeIlustrasi Keluarga. (IDN Times/Aditya Pratama)

Haedar juga menyebut Indonesia sebagai sebuah negara yang beragam memiliki budaya yang luhur. "Indonesia ini negara beragama, kemudian punya budaya luhur bangsa extended family," kata Haedar.

Hal lainnya, Haedar menyebut sebagai umat muslim, berpasangan dalam pernikahannya nantinya untuk memiliki keturunan. "Berpasangan laki dan perempuan diikat pernikahan itu untuk keturunan," kata Haedar.

Baca Juga: Muhammadiyah Tetapkan 23 Maret 2023 Sebagai Awal Puasa  

3. Heboh di media sosial masalah childfree

Ketua Umum PP Muhammadiyah Angkat Bicara Soal Childfreeinstagram.com/gitasav

Sebelumnya ramai di media sosial mengenai childfree atau keputusan pasangan yang memilih tidak memiliki anak. Banyak netizen mengaku tidak setuju dengan pernyataan yang disampaikan oleh youtuber Gita Savitri Devi. Gita berpendapat tidak memiliki anak akan terasa lebih awet muda. Pernyataan tersebut menuai kontroversi dan kritikan.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya