Jelang Pemilu, Gen Z dan Milenial harus Belajar dari Tokoh Bangsa  

H.O.S Tjokroaminoto menjadi salah satu contoh yang baik

Yogyakarta, IDN Times - Organisasi masyarakat Gerakan Jalan Lurus (GJL) mengajak masyarakat mengenang perjuangan para tokoh bangsa menjelang tahun politik. Salah satunya peran besar H.O.S Tjokroaminoto.

"Jasmerah atau Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah, barangkali menjadi ungkapan yang tepat untuk selalu diingat oleh setiap anak bangsa. Salah satunya kisah dari H.O.S Tjokroaminoto," kata Ketua GJL, Riyanta, Sabtu (29/4/2023).

1. Generasi muda harus melek politik

Jelang Pemilu, Gen Z dan Milenial harus Belajar dari Tokoh Bangsa  Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Riyanta mengatakan menjelang tahun politik ini, dinilai sangat penting mengingat dan belajar dari para tokoh bangsa Indonesia.

"Generasi muda harus melek politik. Menjelang tahun politik menjadi momentum semua anak bangsa kembali mengingat bagaimana perjuangan politik para pendiri bangsa di momen menuju kemerdekaan," ungkap pria yang juga Anggota Komisi II DPR RI itu.

2. H.O.S Tjokroaminoto mengajarkan kebebasan berpikir

Jelang Pemilu, Gen Z dan Milenial harus Belajar dari Tokoh Bangsa  Rumah HOS Tjokroaminoto (IDN Times/Fitria Madia)

Riyanta meyebut berdasar sejarah, H.O.S Tjokroaminoto adalah pendiri Sarekat Islam. H.O.S Tjokroaminoto mengajarkan kebebasan berpikir, menggunakan nalar. Menurut Riyanta, dari pemikirann H.O.S Tjokroaminoto, generasi saat ini mendapat pesan bahwa karena semua ideologi itu hanyalah alat propaganda politik dan alat untuk konsilidasi emosional.

"Karena ideologi hanya alat, maka baik dan buruk tergantung digunakan oleh siapa (kualitas pendidikan, wawasan pengetahuan, budi pekerti) dan untuk apa, kepada siapa (juga ragam kualitasnya)," ungkap Riyanta.

Baca Juga: Medsos Berpengaruh Besar di Pemilu, Gen Z dan Milenial Sudah Siap?

3. Menjadi contoh untuk generasi saat ini

Jelang Pemilu, Gen Z dan Milenial harus Belajar dari Tokoh Bangsa  Ketua GJL, Riyanta. (Dok.Istimewa)

Oleh Belgia, H.O.S Tjokroaminoto dijuluki sebagai De Ongekroonde van Java atau 'Raja Jawa Tanpa Mahkota'. Tjokroaminoto adalah salah satu pelopor pergerakan di Indonesia dan sebagai guru para pemimpin-pemimpin besar di Indonesia. Berangkat dari pemikirannya pula yang melahirkan berbagai macam ideologi bangsa Indonesia pada saat itu.

Menurut Riyanta banyak kontribusi yang diberikan H.O.S Tjokroaminoto semasa hidupnya bagi bangsa ini. "Dari H.O.S Tjokroaminoto itu kita belajar tentang sejarah. Gerakan Jalan Lurus berkomitmen akan meneruskan cita-cita guru bangsa H.O.S Tjokroaminoto," ucapnya.

Baca Juga: Fasilitasi Mahasiswa Luar Daerah, KPU DIY Siapkan TPS Lokasi Khusus

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya