Hotel Tentrem Yogyakarta Gelar Tentrem Culinary Academy

Ajak para guru sekolah kejuruan

Yogyakarta, IDN Times - Hotel Tentrem Yogyakarta menggelar Tentrem Culinary Academy, di Hotel Tentrem Yogyakarta, pada Jumat (26/5/2023). Acara yang digelar tiap 3 bulan ini, bertujuan memberikan edukasi bagi para pelaku dan penikmat kuliner.

Tentrem Culinary Academy digelar dalam dua bagian. Bagian pertama merupakan sebuah Master Class, dimana para peserta mendapatkan pengetahuan untuk membuat saus dasar (mother sauce). Bagian kedua adalah sebuah jamuan makan malam yang menyajikan hidangan klasik dari Prancis dan juga kudapan Prancis yang berpadu dengan budaya Indonesia.

1. Berbagi pengetahuan tentang mother sauce

Hotel Tentrem Yogyakarta Gelar Tentrem Culinary AcademyTentrem Culinary Academy, di Hotel Tentrem Yogyakarta, pada Jumat (26/5/2023). (Dok. Istimewa)

Executive Chef Hotel Tentrem Yogyakarta, Philip Walasary, mengungkapkan kultur masyarakat yang akrab dengan hidangan kaya rasa, menjadikan hidangan ala Western, yang banyak dikenal dan disukai di Indonesia adalah hidangan dengan tambahan berbagai macam saus. Saus-saus ini berkiblat pada French cuisine.

"Inilah alasan utama kami memilih Basic French Cooking Techniques sebagai tema Tentrem Culinary Academy kali ini, agar peserta mendapat pengetahuan yang benar tentang Mother Sauce (saus dasar) yang merupakan akar dari berbagai macam saus yang banyak digunakan di industri kuliner,” ujar Philip.

2. Datangkan dua chef tamu

Hotel Tentrem Yogyakarta Gelar Tentrem Culinary AcademyTentrem Culinary Academy, di Hotel Tentrem Yogyakarta, pada Jumat (26/5/2023). (Dok. Istimewa)

Menggandeng Disciples Escoffier Indonesia, sebuah asosiasi non-profit Chef internasional, yang mempromosikan seni memasak dan makan melalui nilai-nilai dari August Escoffier, seorang Chef legendaris dari Prancis, yang juga seorang penulis di bidang kuliner, dan pionir di industri haute cuisine, dua orang Chef tamu didatangkan untuk memberikan materi. Dua pemateri tersebut yaitu, Chef Gilles Marx (President of Disciples Escoffier Indonesia) dan Chef Ronald Silvano dari ExpertConsultant. Belasan saus dasar beserta turunannya, diajarkan pada 40 peserta yang terdiri dari Guru Sekolah Kejuruan dan Akademi jurusan Boga, professional Chefs, serta masyarakat umum.

Mulai dari pemilihan bahan, cara membuat saus dasar dan turunannya, hingga memasangkan dengan hidangan utama, diajarkan. Tidak hanya melihat cara pembuatan, para peserta diajak untuk mempraktikkan cara memasak dan juga diberikan kesempatan untuk mencicipi langsung saus-saus tersebut dengan daging salmon, seafood, beef dan  chicken.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Makanan dan Minuman Kekinian, Cocok Cari Cuan Tambahan 

3. French Connection Dinner

Hotel Tentrem Yogyakarta Gelar Tentrem Culinary AcademyTentrem Culinary Academy, di Hotel Tentrem Yogyakarta, pada Jumat (26/5/2023). (Dok. Istimewa)

Pada malam harinya, digelar French Connection Dinner, sebuah acara makan malam dengan sajian hidangan Prancis klasik yang dipersiapkan oleh 2 Chef tamu, Chef Gilles Marx dan Chef Ronald Silvano, ditemani berbagai kudapan
manis dari Tentrem Cake Shop. Menariknya, pada acara yang dihadiri oleh komunitas warga negara Prancis yang menetap di Yogyakarta ini, berbagai hidangan yang berasal dari sumber daya lokal dengan cita rasa internasional,
turut disajikan.

Sebut saja berbagai olahan cokelat praline dan bonbon yang terbuat dari bahan dasar jamu, seperti Kunyit Asam Praline dan STMJ Hazelnut Praline, Kopi Gingseng Gelato, macaron yang terbuat dari aneka rasa jamu Kuku Bima  Energi, persembahan dari Tentrem Cake Shop. Berbagai jenis keju yang dibuat dari sumber daya lokal dari kaki gunung Merapi, dipersembahkan oleh Mazaraat Artisan Cheese. Juga cerutu lokal dari BIN Cigar dan tak ketinggalan, local wine dari perkebunan anggur di Bali oleh Plaga Wine.

Baca Juga: Kolam Renang Swiss-Belboutique Hotel, Melihat Jantung Kota Yogyakarta 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya