Ditanya Soal Kado Pernikahan Kaesang-Erina, Ini Kata Sultan

Sultan masih tunggu undangan

Yogyakarta, IDN Times - Pernikahan Putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono tinggal menghitung hari. Meski begitu, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X mengaku belum menerima undangan.

"Belum, belum (belum menerima undangan)," kata Raja Keraton Yogyakarta itu, ditemui seusai kegiatan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Jumat (2/12/2022).

1. Kado untuk Kaesang-Erina

Ditanya Soal Kado Pernikahan Kaesang-Erina, Ini Kata SultanGubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. (IDN Times/Herlambang Jati)

Begitu pula, saat ditanya kado yang akan diberikan Sultan saat pernikahan. Sultan belum menjawab apa yang ingin diberikan. "Lha, wong undangane durung (lha undangannya saja belum," ujar Sultan.

Diketahui untuk akad nikah Kaesang dan Erina direncanakan akan dilangsungkan di Pendopo Royal Ambarrukmo, Depok, Sleman, pada Sabtu (10/12/2022). Prosesi ini juga hanya dihadiri 300 tamu undangan saja.

2. Pemilihan lokasi Pendopo Royal Ambarrukmo

Ditanya Soal Kado Pernikahan Kaesang-Erina, Ini Kata SultanPendopo Agung Kedaton Ambarrukmo (instagram.com/royalambarrukmo)

Terkait pemilihan lokasi Pendopo Royal Ambarrukmo yang juga merupakan bangunan yang merupakan cagar budaya dan menjadi salah satu bangunan utama dari kesatuan kompleks Pesanggrahan Kedhaton Ambarrukmo, Sultan tidak mempermasalahkan hal itu. Pasalnya diketahui lokasi Pendopo Royal Ambarrukmo memang kerap digunakan untuk berbagai kegiatan, yang dikelola manajemen Hotel Royal Ambarrukmo.

Bangunan tersebut awalnya dibuat oleh Sri Sultan Hamengku Buwono II, dilanjutkan pembangunannya oleh Sri Sultan Hamengku Buwono V. Akhirnya tempat ini disempurnakan Sri Sultan Hamengku Buwono VII.

"Gak ada masalah (untuk digunakan)," kata Sultan.

3. Koordinasi Pemda DIY direncanakan senin

Ditanya Soal Kado Pernikahan Kaesang-Erina, Ini Kata SultanSri Sultan Hamengku Buwono X. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Mengenai koordinasi lebih lanjut terkait pernikahan putra Presiden Jokowi ini, Sultan mengatakan baru akan ada rapat koordinasi beberapa hari lagi. "Tanggal 5 (Desember 2022 rapat koordinasi)," ujar Sultan.

Rangkaian prosesi pernikahan Kaesang-Erina mulai Kamis (8/12/2022) dengan semaan Al-Qur'an di rumah Erina, dan akan ada pengajian. Lalu hari berikutnya ada upacara pasang bleketepe tuwuhan, siraman di rumah Erina, dan midodareni yang akan dihadiri Jokowi. Selanjutnya Sabtu (10/12/2022) akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya