Comscore Tracker

Belum Lama Beroperasi, Kereta Panoramic Disetop Sementara

KAI lakukan evaluasi

Yogyakarta, IDN Times - KAI Wisata melakukan evaluasi terhadap pengoperasian Kereta Panoramic yang telah beroperasi sejak 24 Desember 2022 lalu. Untuk sementara waktu, Kereta Panoramic tidak beroperasi dan akan meningkatkan pelayanan.

Humas KAI Wisata, M Ilud Siregar, mengungkapkan akan dilakukan proses evaluasi terhadap pola pengoperasian perjalanan Kereta Panoramic. Hal ini demi meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi para pelanggan.

"Dalam proses evaluasi dan peningkatan pelayanan serta perbaikan untuk sementara Kereta Panoramic tidak beroperasi sampai dengan kabar perjalanan dan pengoperasian Kereta Panoramic selanjutnya," kata Ilud, Selasa (10/1/2023).

1. Peningkatan pelayanan

Belum Lama Beroperasi, Kereta Panoramic Disetop SementaraKereta Panoramic. (Dok. Humas KAI Wisata).

KAI dan KAI Wisata akan terus memberikan informasi terbaru tentang rencana pengoperasian perjalanan Kereta Panoramic. Selain juga fasilitas-fasilitas pelayanan dan perbaikan yang akan diberikan dalam upaya meningkatkan pelayanan bagi para penumpang dan pelanggan setia kereta api terutama di Kereta Panoramic.

“Akan kami informasikan melalui media informasi, media sosial KAI Wisata di Instagram, Tik Tok, dan YouTube serta media informasi lainnya,” ucap Ilud.

Baca Juga: KAI Luncurkan Kereta Panoramic, Segini Harga Tiket Promonya

2. Minat masyarakat tinggi

Belum Lama Beroperasi, Kereta Panoramic Disetop SementaraKereta Panoramic. (Dok. Humas KAI Wisata).

Sejak soft launching Kereta Panoramic tanggal 24 Desember 2022, minat masyarakat untuk bepergian menggunakan Kereta Panoramic sangat tinggi. Dari data penjualan hingga Minggu (8/1/2023), sebanyak 2.238 penumpang bepergian menggunakan Kereta Panoramic yang dirangkaikan dengan KA Taksaka Tambahan.

Okupansi rata-rata per harinya mencapai kurang lebih 90 persen. KAI dan KAI Wisata menyampaikan apresiasi kepada seluruh pelanggan yang telah memanfaatkan Kereta Panoramic sebagai pilihan dalam bertransportasi.

“Menikmati perjalanan dengan memberikan perjalanan yang menyenangkan dan melihat pemandangan alam yang indah melalui jendela Kereta Panoramic yang sangat besar, menjadi salah satu nilai tambah bepergian menggunakan kereta panoramic ini,” ujar Ilud.

3. Fasilitas Kereta Panoramic

Belum Lama Beroperasi, Kereta Panoramic Disetop SementaraKereta Panoramic. (Dok. Humas KAI Wisata).

Sebelumnya, Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Franoto Wibowo menjelaskan Kereta Panoramic adalah kereta dengan spesifikasi khusus untuk menikmati panorama yang pertama kalinya ada di Indonesia. Kereta ini memberikan sensasi luar biasa bagi pelanggan dalam menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan.

Kereta Panoramic merupakan kereta inovasi KAI yang memiliki jendela berdimensi sangat besar di kedua sisinya dan atap kaca memanjang dari depan hingga belakang yang dapat dibuka tutup secara otomatis.

"Tak hanya itu, fasilitas pada Kereta Panoramic meliputi kursi yang nyaman dan dapat diputar menghadap jendela, tirai jendela yang dapat dikendalikan secara remote, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi di dinding ujung kereta, serta rak bagasi khusus di ujung kereta. Pelanggan Kereta Panoramic juga mendapat layanan khusus berupa snack, makanan, minuman, dan selimut secara cuma-cuma," ujar Franoto.

Baca Juga: Nataru, KAI Daop 6 Layani Lebih dari 600 Ribu Penumpang

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya