Vaksinasi COVID-19 Jadi Syarat Masuk ke Kawasan Malioboro    

Siapkan kartu vaksinasi dan selalu pakai masker

Kota Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta menetapkan kawasan Malioboro dan Stasiun Tugu sebagai wilayah wajib vaksinasi COVID-19 dan pemakaian masker. Setiap pengunjung yang memasuki wilayah ini akan diperiksa oleh petugas dan diminta menunjukkan kartu vaksinasi. 

“Jangan terkejut jika nanti ada petugas yang menanyakan apakah sudah vaksin atau belum dan diminta menunjukkan kartu vaksin saat berada di Malioboro,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di sela pencanangan Malioboro dan Stasiun Tugu sebagai kawasan wajib vaksinasi dan pakai masker, Rabu (11/8/2021). 

 

1. Sediakan vaksinasi COVID-19

Vaksinasi COVID-19 Jadi Syarat Masuk ke Kawasan Malioboro    Petugas melakukan pengecekan suhu tubuh terhadap pengunjung kawasan Malioboro. IDN Times/Tunggul Damarjati

Petugas pengamanan Kawasan Malioboro atau disebut Jogoboro akan rutin melakukan pemeriksaan secara acak kepada pengunjung di kawasan wisata Malioboro. Jika terdapat pengunjung yang belum mendapat suntikan vaksinasi COVID-19, akan diarahkan untuk menjalani vaksinasi di Stasiun Tugu.

“Sebagai kawasan wajib vaksin, maka kami pun memiliki kewajiban untuk menyediakan layanan vaksinasi yang bisa diakses mudah oleh masyarakat,” kata Haryadi dilansir Antara.

Baca Juga: Aturan Baru Jalan-jalan di Malioboro Maksimal 2 Jam    

2. Diperiksa oleh Jogoboro

Vaksinasi COVID-19 Jadi Syarat Masuk ke Kawasan Malioboro    Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti bersama Wakil Presiden Eksekutif PT KAI Daop 6 Yogyakarta Asdo Artriviyanto dan Kepala Polresta Yogyakarta Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro, saat pencanangan Malioboro dan Stasiun Tugu sebagai kawasan wajib vaksinasi pada Rabu (11/8/21). (ANTARA/Eka AR)

Tujuan penetapan Malioboro sebagai kawasan wajib pakai masker dan vaksinasi, Haryadi memaparkan karena sering didatangi banyak wisatawan dari luar daerah. 

“Jadi, kalau ada orang dari luar yang masuk Malioboro maka wajib ditanya apakah sudah vaksin atau belum. Dengan menjadi kawasan wajib masker dan vaksin, maka diharapkan potensi penularan COVID-19 bisa ditekan,” katanya.

3. Siapkan pengumuman di berbagai tempat

Vaksinasi COVID-19 Jadi Syarat Masuk ke Kawasan Malioboro    Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Pemerintah Kota Yogyakarta berencana memperbanyak kawasan wajib masker dan vaksinasi di wilayahnya. Di beberapa jalan masuk ke Kota Yogyakarta, akan dipasang informasi bahwa Yogyakarta adalah kota wajib vaksinasi dan pakai masker.

“Nantinya, kami akan tetapkan Kota Yogyakarta sebagai kota wajib masker dan vaksin. Jadi, siapa saja yang masuk ke Yogyakarta sudah harus divaksin dan selalu memakai masker,” katanya.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya