Comscore Tracker

Pastikan Pejalan Kaki Nyaman, Trotoar di Yogyakarta akan Bebas Parkir

Pemilik usaha sering gunakan trotoar sebagai tempat parkir

Kota Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta memastikan area trotoar bagi pejalan kaki di kawasan Malioboro bebas sebagai tempat parkir kendaraan. Penataan akan dilakukan oleh dinas perhubungan secara bertahap. 

1. Pemilik usaha tak miliki tempat parkir

Pastikan Pejalan Kaki Nyaman, Trotoar di Yogyakarta akan Bebas ParkirJalur pedestrian di Jalan Perwakilan digunakan parkir sepeda motor / forpi Kota Yogyakarta

Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta rutin menurunkan personel untuk memberikan edukasi kepada pemilik usaha agar menyediakan ruang parkir yang cukup sehingga konsumen bisa memarkir kendaraan dengan aman tanpa mengganggu pejalan kaki.

“Kami tidak bermaksud untuk menghalangi kegiatan usaha. Tetapi hendaknya, pelaku usaha juga dapat menyediakan lahan parkir yang mencukupi,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Agus Arief dikutip Antara, Selasa (18/1/2022). 

 

2. Penertiban pertama dilakukan di Jalan Ahmad Dahlan

Pastikan Pejalan Kaki Nyaman, Trotoar di Yogyakarta akan Bebas ParkirJalur pedestrian di Ahmad Dahlan digunakan parkir sepeda motor / Forpi Kota Yogyakarta

Salah satu contoh penertiban parkir pedestrian yang baru saja dilakukan adalah mengalihkan parkir di pedestrian Jalan KH Ahmad Dahlan khususnya di depan RS PKU Muhammadiyah.

Arif menegaskan tidak akan mengeluarkan surat izin tugas bagi juru parkir yang memanfaatkan trotoar sebagai area parkir. “Tidak hanya untuk di Jalan KH Ahmad Dahlan tetapi juga berlaku di pedestrian di ruas jalan lain,“ katanya.

Baca Juga: Baru Diresmikan, Jalur Pedestrian Yogyakarta Dipakai Tempat Parkir   

Baca Juga: Wali Kota Yogyakarta Janji PKL Malioboro Tetap Dapatkan Konsumen      

3. Pemkot beri pesangon untuk 27 juru parkir

Pastikan Pejalan Kaki Nyaman, Trotoar di Yogyakarta akan Bebas ParkirIlutrasi juru parkir. IDN Times/Daruwaskita

Sebanyak 27 jukir yang bekerja di trotoar RSU PKU Muhammadiyah, menurut Agus Arief telah mendapatkan tali asih dengan nilai Rp92 juta.  

“Saya pun memastikan pedestrian di depan RS PKU Muhammadiyah bersih dari parkir sepeda motor dan tidak akan ada juru parkir baru yang memanfaatkan lokasi tersebut,” kata Agus.

 

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya