Comscore Tracker

Jumlah Kasus Tak Bertambah, Pemda DIY Siapkan Tes Swab Massal 

Ratusan tenaga medis dipersiapkan untuk tes swab massal

Kota Yogyakarta, IDN Times- Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyatakan tidak ada penambahan kasus positif hari ini, Senin (29/6).

Juri Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih melalui keterangan tertulisnya menyatakan jumlah kasus positif hari ini tetap berjumlah 306 kasus. 

 

Baca Juga: Selama 10 Hari Kasus Positif COVID di DIY Didominasi Pelaku Perjalanan

1. Jumlah pasien sembuh bertambah

Jumlah Kasus Tak Bertambah, Pemda DIY Siapkan Tes Swab Massal CDC on Unsplash" target="_blank">unsplash.com/CDC

Sementara itu jumlah pasien sembuh bertambah satu pasien, yaitu Kasus 280, seorang perempuan yang berusia 51 tahun berasal dari Kabupaten Sleman. Dengan adanya penambahan ini, jumlah kasus sembuh menjadi 261 pasien. 

Untuk pemeriksaan hari ini total jumlah spesimen yang diperiksa sebanyak 127 sampel. Dengan jumlah orang yang diperiksa 85 orang.

2. Jumlah PDP hingga hari ini mencapai 7.586 orang

Jumlah Kasus Tak Bertambah, Pemda DIY Siapkan Tes Swab Massal Ilustrasi Swab Test (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Pemda DIY mencatat total orang dalam pemantauan (ODP) di DIY hingga Senin (29/6) mencapai 7.586 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) yang sudah diperiksa terkait dengan mennggunakan tes swab tercatat sebanyak 1.847 orang.

Dari jumlah PDP tersebut, 1.423 orang di antaranya dinyatakan negatif, 306 orang positif di mana 261 orang di antaranya sembuh, dan delapan meninggal, sedangkan yang masih menunggu hasil 118 orang, sebanyak 25 di antaranya telah meninggal.

 

3. Ratusan tenaga medis dipersiapkan untuk lakukan tes swab massal

Jumlah Kasus Tak Bertambah, Pemda DIY Siapkan Tes Swab Massal Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji saat dijumpai di Komplek Kepatihan, Selasa (3/3). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sementara itu untuk melakukan tes swab massal, Pemda DIY memperbanayak jumlah sumber daya manusia (SDM) tenaga medis yang mampu melakukan pemeriksaan spesimen di laboratorium dengan menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR) atau swab dalam mendeteksi COVID-19.

Dilansir dari Antara, pelaksanaan tes massal dari keterangan Sekretaris Daerah Pemda DIY, Kadarmanta Baskara Aji untuk mempercepat pemetaan penyebaran COVID-19.  

"Yang ikut pelatihan kemarin ada ratusan (tenaga medis)," ujar Baskara Aji pada Senin (29/6). 

Meski memiliki lima laboratorium tes COVID-19 yang memadai, namun menurut Aji belum diimbangi dengan jumlah tenaga medis yang mampu melakukan uji swab.

"Persoalan reagen dan kapasitas laboratorium tidak ada masalah. Kita yang agak susah tenaga kesehatannya," kata dia.

Ia berharap dengan meningkatnya jumlah tenaga kesehatan yang mampu menggunakan metode PCR, intensitas pelaksanaan uji swab di DIY bisa semakin ditingkatkan pula.

 

Baca Juga: Soal Insentif Nakes, Dinkes DIY Akui Rumitnya Proses Verifikasi

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya