Jokowi Puji Bandara YIA Tahan Gempa 8.8 SR dan Gelombang Tsunami   

Jokowi yakin bandara ramai setelah ditemukan vaksin COVID-19

Kulon Progo, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo hari ini, Jumat (28/8/2020) meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA). 

Jokowi mengapresiasi pembangunan bandara yang terletak di Kabupaten Kulon Progo dikerjakan sangat cepat. 

"Alhamdulillah, Bandara Internasional Yogyakarta Airport telah selesai 100 persen. Bandara ini dikerjakan sangat cepat, yakni hanya 20 bulan," ujar Jokowi saat meresmikan Bandara Udara Internasional Yogyakarta Airport di Kulon Progo, seperti dikutip dari Antara pada Jumat (28/8/2020).

1. Jokowi memuji hasil pembangunan bandara

Jokowi Puji Bandara YIA Tahan Gempa 8.8 SR dan Gelombang Tsunami   Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN, Erick Thohir dan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X memberikan sambutan saat meresmikan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo, DI Yogyakarta, Jumat (28/8/2020). ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.

Jokowi menyatakan YIA sebagai bandara terbaik di Indonesia, tidak hanya dari infrastruktur yang dimiliki namun juga desain interior dan eksterior bandara. 

"Pengerjaannya terbaik. Saat ini terbaik di Indonesia," katanya. 

Fasilitas yang dimiliki bandara yang menghabiskan dana hingga Rp11,3 triliun ini, lebih baik dibandingkan bandara lama yaitu Adisutjipto. 

Menurut Jokowi Bandara Internasional Yogyakarta Airport memiliki runway lebih panjang dibandingkan Adisutjipto. Yaitu memiliki panjang runway hingga 3.250 meter. Bandara Adisutjipto yang terletak di Kabupaten Sleman, hanya mampu didarati pesawat ukuran kecil, berbeda dengan Bandara Internasional Yogyakarta Airport yang dapat menampung pesawat jenis Airbus A380 dan Boeing 777.

 

Baca Juga: Bertolak ke Jogja, Jokowi Akan Resmikan YIA Hingga Bagikan Banpres

2. Bandara YIA tahan jika diguncang gempa 8,8 SR

Jokowi Puji Bandara YIA Tahan Gempa 8.8 SR dan Gelombang Tsunami   Presiden Joko Widodo saat meresmikan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, DI Yogyakarta, Jumat (28/8/2020).

Dengan runway yang panjang dan luas terminal bandara mencapai 219 ribu meter persegi, menurut Jokowi menjadi tugas bersama untuk dapat mendatangkan 20 juta penumpang per tahun. 

"Ini tugas bersama bisa mendatangkan 20 juta penumpang. Ini tugas yang tidak ringan. Sekedar informasi juga, bandara ini didesain tahan gempa dengan kekuatan hingga 8,8 SR dan bisa menahan gelombang tsunami dengan ketinggian 12 meter," katanya.

 

3. Jokowi yakin bandara akan ramai setelah ditemukan vaksin COVID-19

Jokowi Puji Bandara YIA Tahan Gempa 8.8 SR dan Gelombang Tsunami   Presiden Joko Widodo saat meresmikan Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, DI Yogyakarta, Jumat (28/8/2020).

Jokowi juga optimistis banyak pesawat yang menggunakan jasa penerbangan melalui Bandara Internasional Yogyakarta. Namun demikian, presiden memaklumi kondisi saat ini masih kurang maksimal.

"Saat ini, masih masa pandemik. Kalau belum ramai kami memaklumi, namun kami meyakini akan menjadi bandara yang ramai setelah dilakukan vaksinasi," katanya.

 

Baca Juga: 5 Pilihan Moda Transportasi dari Jogja Menuju YIA, Plus Tarifnya

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya