Comscore Tracker

Jokowi Berharap KRL Bantu Mobilitas Warga Yogyakarta dan Solo  

Berharap penambahan transportasi massal ramah lingkungan

Kota Yogyakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo meresmikan pengoperasian Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Yogyakarta-Solo hari ini Senin (1/3/2021). 

Presiden Jokowi menyampaikan KRL Yogyakarta-Solo merupakan transportasi massal ramah lingkungan dan lebih cepat dibandingkan Kereta Prambanan Ekspres (Prameks).

"Alhamdulillah pagi hari ini kita resmikan dan operasikan KRL Yogya-Solo yang ramah lingkungan telah siap," ujarnya dalam sambutannya di Stasiun Tugu Yogyakarta. 

 

1. Diharapkan KRL tingkatkan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi

Jokowi Berharap KRL Bantu Mobilitas Warga Yogyakarta dan Solo  Jokowi resmikan KRL Jogja-Solo di Stasiun Tugu Yogyakarta, Senin (1/3/2021)/ Humas Pemda DIY

Presiden Jokowi berharap keberadaan KRL Yogyakarta-Solo dapat membantu mobilisasi orang maupun barang dari Yogyakarta ke Solo maupun sebaliknya, serta meningkatkan pariwisata dan ekonomi.

"Perkiraannya durasinya terpaut kira-kira 10 menit lebih cepat. Kemudian dari sisi biaya jauh lebih murah," ujar Jokowi.

Baca Juga: Guys, ini Jadwal Lengkap dan Tarif KRL Yogyakarta - Solo 

2. Diperlukan transportasi massal ramah lingkungan

Jokowi Berharap KRL Bantu Mobilitas Warga Yogyakarta dan Solo  Ilustrasi (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Lebih lanjut Jokowi menyatakan moda transportasi massal perlu didorong untuk lebih ramah lingkungan.  Salah satu alternatif yang bisa digunakan yakni dengan mesin penggerak berupa listrik. Sebagaimana diketahui, KRL lintas Yogyakarta-Solo menggantikan operasional Kereta Rel Diesel Prambanan Ekspress (Prameks)

3. Jokowi mencoba KRL bersama Sri Sultan dan Ganjar Pranowo

Jokowi Berharap KRL Bantu Mobilitas Warga Yogyakarta dan Solo  Jokowi resmikan KRL Jogja-Solo di Stasiun Tugu Yogyakarta, Senin (1/3/2021)/ Humas Pemda DIY

Pada saat yang sama Presiden Joko Widodo berkesempatan mencoba Kereta Rel Listrik (KRL) lintas Yogyakarta-Solo. Jokowi duduk di dalam gerbong bersama Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

Baca Juga: KRL Solo-Jogja Beroperasi! Jadi Ajang Selfie Millennial

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya