Comscore Tracker

Jemaah Haji Yogyakarta yang Baru Datang Diminta Batasi interaksi 

Jemaah haji asal Kota Yogyakarta datang tanggal 29 Juli 

Yogyakarta, IDN Times - Jemaah haji yang baru pulang di tanah air diharapkan membatasi interaksi dengan banyak orang meski dalam keadaan sehat. Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Endang Sri Rahayu mengatakan puskemas akan memantau kesehatan jemaah haji saa tiba di rumah. 

 

1. Puskesmas akan memantau kesehatan jemaah haji 10 hari

Jemaah Haji Yogyakarta yang Baru Datang Diminta Batasi interaksi Petugas medis (kanan) menyimulasikan pemberian vaksin COVID-19 di Puskesmas Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (19/11/2020). ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah

Petugas puskesmas akan memantau kesehatan jemaah haji setiap hari selama sepuluh hari dan melakukan penanganan jika mendapati gangguan kesehatan.

"Akan ada pemantauan melekat yang dilakukan oleh puskesmas setempat berkoordinasi dengan petugas surveilans di kelurahan," ujar Endang, Kamis (21/7/2022). 

 

2. Penyakit yang diwaspadai adalah meningitis dan Covid-19

Jemaah Haji Yogyakarta yang Baru Datang Diminta Batasi interaksi Seorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus corona. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Menurut Endang, selain Covd-19, meningitis menjadi penyakit yang diwaspadai. Masa inkubasi virus adalah dua minggu, untuk itu jemaah haji lebih baik menunda bertemu dengan banyak.

"Lebih baik menunda menerima tamu sebagai bagian dari kewaspadaan (terhadap) potensi penularan berbagai penyakit, khususnya COVID-19, apalagi saat ini ada kenaikan kasus," katanya  dikutip Antara.

Baca Juga: 6 Pusat Grosir Batik Saat Liburan di Jogja, Hati-hati Kalap

3.Jemaah haji asal Kota Yogyakarta datang tanggal 29 Juli

Jemaah Haji Yogyakarta yang Baru Datang Diminta Batasi interaksi Ilustrasi Jemaah haji yang berangkat dari bandara-bandara Angkasa Pura I. (dok. Angkasa Pura I)

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta Nur Abadi mengatakan jemaah haji asal Kota Yogyakarta dijadwalkan tiba di Tanah Air pada 29 Juli 2022. Jemaah haji yang baru datang tidak diwajibkan menjalani karantina, tetapi diminta menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19.

"Sampai saat ini belum ada perubahan jadwal kedatangan jemaah haji. Masih dijadwalkan tiba di Yogyakarta pada 29 Juli malam," katanya.

Tahun ini, Pemerintah Kota Yogyakarta memberangkatkan 156 orang ke Mekkah, seluruhnya tergabung dalam kelompok terbang 20 SOC.

Baca Juga: 5 Kafe di Dekat Tugu Jogja yang Nyaman dan Kekinian

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya