Jelang Lebaran, 4 Maskapai Tambah 26 Jadwal Terbang di Bandara YIA   

Tambahan jadwal untuk arus mudik dan balik hingga 20 Mei

Kulon Progo, IDN Times - Jelang Lebaran, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta mendapat permohonan penambahan 26 penerbangan di Yogyakarta International Airport (YIA).

Maskapai yang mengajukan penambahan di antaranya Lion Air sebanyak 14 penerbangan dengan rute Balikpapan, Banjarmasin, Ujung Pandang dan Cengkareng. Maskapai CitiLink ada empat penerbangan ke Cengkareng, dan Batik Air menambah dua penerbangan ke Cengkareng. 

Sementara maskapai Garuda tujuan Cengkareng ingin mengaktifkan kembali empat penerbangan. 

 

 

1. Arus mudik dan balik di Bandara YIA diprediksi terjadi hingga 20 Mei 2022

Jelang Lebaran, 4 Maskapai Tambah 26 Jadwal Terbang di Bandara YIA   Terminal keberangkatan domestik Yogyakarta International Airport (YIA). (IDN Times/Siti Umaiyah)

Pelaksana Tugas Sementara General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengatakan penambahan tersebut untuk jadwal penerbangan arus mudik dan balik Lebaran mulai 20 April sampai 20 Mei 2022.

"Sampai saat ini ada 26 penerbangan tambahan pada arus mudik dan arus balik. Jumlah tersebut belum termasuk dengan penerbangan reguler rata-rata 50 penerbangan dalam satu hari," kata Agus Pandu Purnama, Kamis (21/4/2022). 

2. Jam operasional bandara ditambah 3 jam

Jelang Lebaran, 4 Maskapai Tambah 26 Jadwal Terbang di Bandara YIA   Bandara YIA Kulon Progo. IDN Times/Daruwaskita

Tingginya trafik penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta, ujar Agus, manajemen Bandara Internasional Yogyakarta mengubah jam operasional. Awalnya dimulai pukul 07.00 sampai 18.00 WIB, menjadi 07.00 sampai 21.00 WIB.

"Ini karena ada penerbangan malam tujuan Balikpapan, Banjarmasin, dan Ujung Pandang untuk Lion Air," ujar Agus dilansir Antara. 

Jam operasional Bandara Internasional Yogyakarta akan terus ditambah apabila potensi jumlah penumpang pesawat terus mengalami peningkatan.

"Bisa jadi pesawat untuk lanjut operasi pasca-Lebaran, maka jam operasional bandara akan berlanjut berikutnya. Tergantung dari penerbangan," katanya.

 

Baca Juga: Terganjal Kasus Pornografi, Siskaeee Dituntut 1 Tahun Penjara

1. Penambahan jadwal penerbangan telah disetujui

Jelang Lebaran, 4 Maskapai Tambah 26 Jadwal Terbang di Bandara YIA   ide pose foto di Yogyakarta International Airport. (instagram.com/nanda.nur.afifah)

NOTAM atau Notice To Airmen, menurut Agus telah dikeluarkan sejak 20 April sampai 20 Mei untuk penambahan penerbangan.

Notice To Airmen yaitu pemberitahuan yang disebarluaskan melalui peralatan telekomunikasi yang berisi informasi mengenai penetapan, kondisi atau perubahan di setiap fasilitas aeronautika, pelayanan, prosedur atau kondisi berbahaya, berjangka waktu pendek dan bersifat penting untuk diketahui oleh personel operasi penerbangan.

Baca Juga: YIA Buka Penerbangan Internasional ke Malaysia Mulai 29 April 2022

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya