[BREAKING] Jokowi Tunjuk Risma dan Sandiaga Uno Menjadi Menteri     

Pelantikan akan dilakukan besok, Rabu (23/12/2020) pagi

Presiden Joko 'Jokowi' Widodo menunjuk Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini menjadi Menteri Sosial. Risma, sapaan akrabnya, akan menggantikan posisi Juliari Batubara yang tersandung kasus dugaan korupsi bantuan sosial COVID-19.

"Saat ini Bu Risma akan kita beri tanggung jawab menjadi Menteri Sosial," ujar Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/12/2020).

Jokowi mengatakan menteri-menteri baru yang ditunjuknya hari ini akan dilantik pada Rabu (23/12/2020) pagi.

Risma menjadi nama pertama yang disebut Jokowi. Sebelumnya, nama kader PDIP itu memang sudah santer disebut-sebut bakal mengisi posisi Mensos.

Selain Risma, nama Sandiaga Salahuddin Uno, yang pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, ditunjuk Jokowi memimpin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggantikan posisi Wishnutama.  

Nama Budi Gunadi Sadikin disebut Jokowi menggantikan posisi Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan. Budi Gunadi sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama Bank Mandiri, Direktur Utama Asahan Aluminium, dan Wakil mMenteri BUMN.  

Yaqut Cholil Choumas, sebagai Ketua GP Ansor ditunjuk Jokowi sebagai menjadi Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi. 

 Nama Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Trenggono dipercaya menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Eddy Prabowo yang terbelit kasus benur. 

 Terakhir, Muhammad Luthfi, mantan Menteri Perdagangan di era SBY, mantan Duta Besar indonesia untuk Jepang dan saat ini sebagai Duta Besar Indonesia untuk di Amerika, dipercaya memimpin Kementerian Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya