Comscore Tracker

15 Tokoh Masyarakat di DIY Divaksinasi, Anggota Dewan Tak Hadir     

Gubernur DI Yogyakarta berharap semua mau menerima vaksin

Kota Yogyakarta, IDN Times - Pemda DI Yogyakarta hari ini, Kamis (14/1/2021) melaksanakan kegiatan perdana vaksinasi COVID-19. Tahap pertama diberikan kepada 15 pejabat publik dan tokoh masyarakat.

Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X menjadi orang pertama di DI Yogyakarta yang menerima vaksin COVID. Edy Sukoco dari RSUP Dr Sardjito menjadi tim medis yang melakukan vaksinasi kepada Paku Alam X. 

1. Wakil ketua DPRD DIY tak hadir

15 Tokoh Masyarakat di DIY Divaksinasi, Anggota Dewan Tak Hadir     Pemberian vaksin pertama di Bangsal Kepatihan, Kamis (14/1/2021). Sumber: Humas Pemda DIY

Dari 16 pejabat publik dan tokoh masyarakat yang diundang, hanya 15 orang yang hadir dan menerima suntikan vaksin. Sementara satu yang tidak hadir adalah wakil pimpinan anggota DPRD DIY, Suharwanta. 

Wakil Ketua DPRD DIY, Suharwanta yang sedianya masuk daftar penerima vaksin untuk mewakili anggota dewan ternyata tidak hadir. Tidak ada keterangan wakil rakyat tersebut hingga proses pemberian vaksin selesai. 

Baca Juga: Jumlah Vaksin Terbatas, Nakes di Bantul Terpaksa Disuntik Februari  

2. Gubernur DI Yogyakarta berharap semua mau menerima vaksin

15 Tokoh Masyarakat di DIY Divaksinasi, Anggota Dewan Tak Hadir     Pemberian vaksin pertama di Bangsal Kepatihan, Kamis (14/1/2021). Sumber: Humas Pemda DIY

Padahal dalam pidato pemberian vaksin, Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan HB X berharap semua warga yang termasuk dalam kriteria penerima mau menerima vaksin dan ikut saling menjaga agar tercipta imunitas di masyarakat (herd imunity). 

"Bagi lansia akan diberikan setelah datangnya vaksin aman yang diperuntukkan khusus bagi lansia," papar Sultan pada Kamis (14/1/2021). 

3. Sebanyak 36.247 tenaga kesehatan di DIY akan terima vaksin

15 Tokoh Masyarakat di DIY Divaksinasi, Anggota Dewan Tak Hadir     Ilustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Alokasi penerimaan vaksin di Di Yogyakarta sejumlah 2.605.179 dosis. Vaksin ini dibagikan dalam empat tahap, bagi tenaga kesehatan, pelayanan publik, masyarakat rentan dan pelaku ekonomi esensial, termasuk masyarakat umum. 

Untuk tahap pertama sebanyak 26.806 dosis vaksin telah dikirimkan ke DI Yogyakarta pada tanggal 5 Januari 2021. Berdasar data, 36.247 tenaga kesehatan (nakes) di DI Yogyakarta sudah terdaftar untuk menerima vaksin.

Sedangkan tahap kedua akan dibagikan kepada 555.290 petugas publik, tahap ketiga, sebanyak 995.353 masyarakat rentan, dan tahap keempat bagi 1.065.179 bagi pelaku ekonomi dan masyarakat lainnya. 

Baca Juga: Jumlah Tempat Tidur Critical di RS Sleman Hanya Tinggal 1!   

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya