Comscore Tracker

15 Ribu Warga Kulon Progo Masuk Golongan Miskin Ekstrem 

Angka kemiskinan tertinggi terletak di 4 kecamatan   

Kulon Progo, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo mencatat angka kemiskinan ekstrem. Wilayah yang terletak paling barat di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini sebanyak 15 ribu jiwa atau 3,44 persen penduduknya tergolong miskin ekstrem. 

"Kami mendapat data dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), angka kemiskinan di Kulon Progo sebanyak 90.020 jiwa. Artinya, kita diminta memilah sendiri data tersebut, dan hasilnya 15.000 jiwa masuk kategori kemiskinan ekstrem. Saat ini kami sedang melakukan pendataan "by name by address" supaya mempermudah penanganannya," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kulon Progo Triyono, Senin (21/11/2022).

 

1. Program pengentasan kemiskinan di 10 kelurahan

15 Ribu Warga Kulon Progo Masuk Golongan Miskin Ekstrem Google

Program penanganan kemiskinan ekstrem di Kulon Progo, ujar Triyono memiliki program pengentasan kemiskinan berbasis lokus di tingkat desa atau kalurahan.

"Kami berkolaborasi dengan mengambil 10 kelurahan termiskin di empat kecamatan, kemudian diberikan program stimulasi untuk pemberdayaan hingga bantuan sosial. Kami akan evaluasi pada akhir 2023, kalau efektif akan kami berlakukan di wilayah lainnya," katanya dikutip Antaa

2. Target 2023 akan tuntaskan kemiskinan esktrem

15 Ribu Warga Kulon Progo Masuk Golongan Miskin Ekstrem Ilustrasi kemiskinan (IDN Times/Arief Rahmat)

Triyono mengatakan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bertanggung jawab untuk menuntaskan angka kemiskinan ekstrem pada 2023 dengan anggaran Rp2 miliar.

"Dinas Pertanian dan Pangan, Koperasi dan UKM, Perdagangan dan Perindustrian, serta Pariwisata, kami berikan anggaran untuk penanganan kemiskinan di 10 desa lokus penanganan kemiskinan ekstrem," katanya.

Baca Juga: Kemiskinan Kulon Progo Tertinggi di Jogja, Bupati Beberkan Penyebabnya

Baca Juga: 3 Langkah Pemkab Kulon Progo Mengentaskan Kemiskinan Ekstrem

3. Angka kemiskinan tertinggi terletak di Kokap, Sentolo, Samigaluh dan Pengasih

15 Ribu Warga Kulon Progo Masuk Golongan Miskin Ekstrem Ilustrasi Kemiskinan (IDN Times/Arief Rahmat)

Pelaksana Bappeda Kulon Progo Eka Pranyata mengatakan Pemkab Kulon Progo menetapkan 10 desa yang tersebar di empat kecamatan menjadi proyek percontohan pengendalian kemiskinan ekstrem, yaitu Kokap, Sentolo, Pengasih dan Samigaluh. Sebanyak empat kecamatan ini memiliki angka kemiskinan sangat tinggi di Kabupaten Kulon Progo.

Baca Juga: 7 Kuliner Malam di Wates Kulon Progo, Angkringan sampai Kafe

Baca Juga: Selain Ijab Kabul, Pengantin Baru di Kulon Progo Harus Hafal Pancasila

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya