Comscore Tracker

Wisatawan asal Jakarta Nyaris Jadi Korban Ombak Pantai Parangtritis

Tim SAR berhasil menyelamatkan kedua wisatawan malang itu

Bantul, IDN Times - ‎Ganasnya gelombang Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, nyaris menelan dua korban wisatawan yang terseret arus ke tengah laut pada Sabtu (22/1/2022) sore. Beruntung dengan kesigapan dari tim SAR, kedua korban berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke tepian pantai.

Baca Juga: Hanyut di Pantai Parangtritis, Santri Asal Brebes Belum Ditemukan     

1. Awalnya kedua korban bermain air dan mandi di laut‎

Wisatawan asal Jakarta Nyaris Jadi Korban Ombak Pantai ParangtritisEvakuasi dua wisatawan yang terseret gelombang di Pantai Parangtritis. (dok. Sarsatlinmas Wilayah III Bantul)

Koordinator Sarsatlinmas Wilayah III Kabupaten Bantul, ‎Muhammad Arief Nugraha, mengatakan kejadian tersebut menimpa korban Muh Akbar (23), warga Kalibata, Jakarta Selatan, dan Tri Ari Nugroho warga Kasihan RT 01, Kapanewon Kasihan Kabupaten Bantul. Mulanya, kedua korban bersama rombongan keluarga tiba di Pantai Parangtritis pada Sabtu (22/1/2022) sekitar pukul 17.00 WIB.

"Setelah tiba di Pantai Parangtritis, korban Akbar dan Ari langsung bermain air dan mandi di laut," ujarnya, Minggu (23/1/2022).

2. Petugas sudah mengingatkan namun tak digubris

Wisatawan asal Jakarta Nyaris Jadi Korban Ombak Pantai ParangtritisPengunjung di objek wisata Pantai Parangtritis. (IDN Times/Daruwaskita)

Pria yang akrab disapa Inu ini mengaku pihak petugas SAR sudah mengingatkan agar kedua korban tidak main air ke tengah laut karena berada tak jauh dari palung.

"Kedua korban tak menghiraukan peringatan dari petugas," ucapnya.‎

Tak lama kemudian, korban Akbar terseret arus ke tengah laut, melihat kejadian tersebut korban Ari mencoba memberi pertolongan namun justru keduanya terseret arus ke tengah laut.

"Melihat ada wisatawan yang terseret arus petugas SAR yang berjaga langsung memberi pertolongan dan kedua korban berhasil dievakuasi ke tepian pantai dengan selamat," ungkapnya.

3. Demi keselamatan wisatawan dihimbau patuhi peringatan dari petugas‎

Wisatawan asal Jakarta Nyaris Jadi Korban Ombak Pantai ParangtritisEvakuasi dua wisatawan yang terseret gelombang di Pantai Parangtritis.(doc.Sar Satlinmas Wilayah III Bantul)

Inu berharap dengan kejadian tersebut wisatawan taat terhadap imbauan dari petugas demi keselamatan dari wisatawan sendiri.

"Karakter Pantai Parangtritis banyak terdapat palung dan arus balik di sekitar palung sangat kuat yang bisa menyeret wisatawan ke tengah palung dan hilang tenggelam," terangnya.‎

Baca Juga: Miliki Sentra Penangkapan Ikan, Konsumsi Seafood Warga Bantul Rendah

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya