Comscore Tracker

Sambut 1 Suro, Ritual di Pantai Selatan Bantul Ditiadakan

Tim gabungan akan berjaga di TPR Pantai Parangtritis ‎

Bantul, IDN Times - ‎Menyambut tanggal 1 Suro atau 1 Muharram tahun ini yang bertepatan pada Senin (9/8/2021) malam, tidak ada gelaran ritual yang dilangsungkan di wilayah Kabupaten Bantul. Hal ini mengingat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 masih berlaku.

Baca Juga: Program Padat Karya di Bantul Dimulai, Mampu Serap 5 Ribu Tenaga Kerja

1. Seluruh kegiatan menyambut 1 Suro di pantai selatan Bantul ditiadakan

Sambut 1 Suro, Ritual di Pantai Selatan Bantul DitiadakanIlustraai ritual di pantai selatan Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Seksi (Kasi) Promosi dan Pelayanan Informasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul, Markus Purnomo, mengatakan gelaran ritual untuk menyambut 1 Suro yang biasanya berlangsung di kawasan objek wisata pantai selatan Bantul saat ini ditiadakan. Mengingat objek wisata pantai masih ditutup mengikuti aturan PPKM Level 4.

"Jadi seluruh kegiatan atau ritual menyambut 1 Suro yang berlangsung di pantai selatan ditiadakan atau ditutup," terangnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (9/8/2021).

2. Warga pantai Gua Cemara mengganti ritual Sedekah Gua Cemara dengan doa bersama‎

Sambut 1 Suro, Ritual di Pantai Selatan Bantul DitiadakanObyek wisata Pantai Goa Cemara Kabupaten Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Pria yang akrab disapa Ipung ini, ritual menyambut 1 Suro yang masuk agenda Dinas Pariwisata Bantul adalah ritual di Pantai Parangkusumo, ritual Mahesa Suro di Pantai Samas, serta Sedekah Gua Cemara di Pantai Gua Cemara yang dilaksanakan pada tanggal 1 Suro.

"Jadi tiga kegiatan atau ritual tersebut ditiadakan karena masih dalam masa pandemi dan PPKM Level 4. Untuk acara Sedekah Gua Cemara akan diganti doa bersama di Pendopo Pantai Gua Cemara yang akan dilakukan pada Senin (9/8/2021) malam nanti,"ujarnya.

3. Tim gabungan berjaga di TPR Pantai Parangtritis

Sambut 1 Suro, Ritual di Pantai Selatan Bantul DitiadakanPetugas memutarbalikkan kendaraan bermotor wisatawan yang akan berkunjung ke Pantai Parangtritis.(IDN Times/Istimewa)

Untuk memastikan warga masyarakat tidak melaksanakan ritual di Pantai Pantai Parangkusumo,‎ Ipung menyebutkan petugas gabungan dari Dinas Pariwisata, Satpol PP, Dinas Perhubungan, TNI, dan Polri akan melakukan penjagaan di Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Parangtritis. Wisatawan atau warga yang hendak melaksanakan ritual 1 Suro akan diputar balik oleh petugas.

"Yang boleh lewat TPR hanyalah warga di sekitar Pantai Parangtritis saja," ujarnya.‎

Sementara untuk kegiatan kirab siwur dan nguras enceh di Panjimatan, Imogiri yang dilakukan pada bulan Suro tetap akan dilaksanakan namun hanya melibatkan internal abdi dalem keraton dan tidak melibatkan masyarakat.

"Nguras enceh saat bulan Suro masih dilakukan namun hanya untuk internal abdi dalem keraton saja," ungkapnya.‎

Baca Juga: Vaksinasi di Bantul Bisa Rampung September Jika Pasokan Lancar

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya