Comscore Tracker

Ribuan Warga di Gunungkidul Mulai Terdampak Kekeringan

Warga di 6 kapanewon yang mulai merasakan dampak kekeringan

Gunungkidul, IDN Times - ‎Ribuan jiwa yang tersebar di enam kapanewon di Kabupaten Gunungkidul mulai kekurangan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari dan memberi minum ternak peliharaan. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah sebab belum semua laporan masuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul.

1. Enam kapanewon yang terdampak kekeringan‎

Ribuan Warga di Gunungkidul Mulai Terdampak KekeringanIlustrasi antre air bersih. (IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Gunungkidul, Sumadi, mengatakan ribuan jiwa yang saat ini mengalami kesulitan air bersih berasal dari Kapanewon Semin, Paliyan, Rongkop, Ponjing, Nglipar, dan Semanu.

"Untuk Kapanewon Semanu terdapat 3.211 jiwa yang terdampak kekeringan, Paliyan 495 jiwa, Rongkop 3.431 jiwa. Sedangkan untuk Kapanewon Nglipar, Ponjong, dan Semanu data belum masuk seluruhnya. Termasuk dari kapanewon lainnya," katanya, Jumat (12/8/2022).

Baca Juga: Pencuri Berkeliaran di Gunungkidul, 2 Hari 10 Rumah Dicongkel   

2. Siapkan 1.400 tangki air bersih untuk disalurkan kepada warga yang membutuhkan‎

Ribuan Warga di Gunungkidul Mulai Terdampak KekeringanIlustrasi droping air bersih. (IDN Times/Daruwaskita)

Untuk mengantisipasi permintaan dropping air bersih yang diajukan oleh masyarakat, pihaknya menyiapkan 1.400 tangki air bersih dan masih bisa bertambah. Saat ini dropping air bersih baru dilaksanakan di satu dusun di Kapanewon Rongkop.

"Dropping air bersih harus melalui permintaan resmi dari kalurahan. Kita juga akan melakukan verifikasi terhadap permintaan bantuan air bersih," ujarnya.

3. Warga dihimbau menggunakan air bersih secara bijak

Ribuan Warga di Gunungkidul Mulai Terdampak KekeringanIlustrasi air bersih (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sementara Kepala BPBD Gunungkidul, Purwono, mengatakan saat ini permintaan air bersih sudah masuk ke BPBD Gunungkidul. Meski demikian untuk penyaluran air bersih baru dilaksanakan di Kalurahan Pucanganom, Kapanewon Rongkop.

"Dropping air bersih dilakukan minggu kemarin. Permintaan dropping air bersih melalui kalurahan dan kapanewon," tuturnya.

"Saya menghimbau masyarakat menggunakan air bersih secara bijak. Sebab meski masih ada pasokan air bersih melimpah namun masih ada warga lain yang membutuhkan," imbuhnya.‎

Baca Juga: 5 Wisata Embung di Gunungkidul yang Menyegarkan Mata

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya