Ribuan Pelari Ikuti Coast to Coast Ultra 2024 di Laguna Pantai Depok

Ada lima kategori lari yang dilombakan

Bantul, IDN Times - Ribuan pelari dari Indonesia dan luar negeri mengikuti Coast to Coast Ultra 2024 bergabung di Laguna Pantai Depok mulai 24-25 Februari 2024.

Gelaran Coast to Coast Ultra 2024 merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) berkolaborasi komunitas Trail Runners Jogja, yang mengagas untuk mengangkat olahraga trail run. 

1. Coast to Coast Ultra Trail run diikuti 3 ribu pelari dari 22 negara

Ribuan Pelari Ikuti Coast to Coast Ultra 2024 di Laguna Pantai DepokDirektur Pemasaran Pariwisata BOB Harfiansah Bimantara.(tengah).(IDN Times/Daruwaskita)

Direktur Pemasaran Pariwisata BOB Harfiansah Bimantara mengatakan, Coast to Coast Ultra Trail run menjadi bagian sport tourism. Selain tujuan kebugaran, event olahraga dinilai membantu meningkatkan perekonomian daerah.

"Event lari ini diikuti lebih dari 3 ribu pelari dari 22 negara. Terbagi menjadi lima kategori, yaitu 5k, 15k, 30k, 50k, dan 80k," katanya, Minggu (25/2/2024).

2. Coast to Coast Ultra 2024 mengangkat tema budaya mitologi Nyi Roro Kidul

Ribuan Pelari Ikuti Coast to Coast Ultra 2024 di Laguna Pantai DepokRibuan pelari ikuti Coast to Coast Ultra 2024 di Laguna Pantai Depok Bantul.(IDN Times/Daruwaskita)

Hal yang tak kalah menarik kata Harfiansyah ialah, event lari memiliki tema khusus dengan mengusung budaya. 

“Coast to Coast Ultra 2024 mengangkat tema budaya dengan sub tema yaitu mitologi Nyi Roro Kidul. Tema ini dipilih tidak hanya sebagai metode untuk menarik lebih banyak peserta, tetapi juga untuk memperkenalkan nilai budaya yang dimiliki oleh Daerah Istimewa Yogyakarta.” jelasnya.

"Rute Trail Run menyuguhkan keindahan panorama pantai selatan Jogja yang sayang jika dilewatkan. Apalagi, dibalut dengan cerita rakyat dan legenda yang tak pernah mati," imbuh Harfiansah.

Baca Juga: Kedai Kopi Nata Damar, Spot Ngegrill dan Ngopi View Sunset di Bantul

3. Rute Trail Run angkat ekonomi warga

Ribuan Pelari Ikuti Coast to Coast Ultra 2024 di Laguna Pantai DepokPantai Depok Kabupaten Bantul n(Instagram/ Febriana Sinta)

Peserta dari 22 negara di antaranya seperti Algeria, Belarus, Belanda, Cambodia, Colombia, France, Gambia, India, dan Kazakhstan. Selain itu Malawi, Morocco, Pakistan, Phillipines, Russian federation, Rwanda, Tanzania, Thailand, Vietnam dan Yamen.

“Harapannya destinasi wisata di Bantul, lebih dikenal menjadi salah satu kawasan wisata Borobudur, yang merupakan destinasi super-prioritas yang perlu dikembangkan dan ditingkatkan untuk kebangkitan wisata Indonesia," ujarnya.

Event juga mampu meningkatkan dan mendukung perekonomian daerah. Selama acara, industri penginapan, rumah makan, dan UMKM di sekitar lokasi mendapat keuntungan. 

Baca Juga: Tergiur Janji Pengganda Uang, Warga Bantul Tertipu Rp100 Juta

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya