Puluhan Pohon Tumbang di Bantul, Timpa Rumah hingga Jaringan Listrik

Kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah

Bantul, IDN Times - ‎Hujan lebat disertai angin berlangsung di Kabupaten Bantul pada Senin (5/12/2022) siang hingga sore hari. Kondisi tersebut menyebabkan puluhan pohon tumbang menimpa rumah, memutuskan jaringan telepon dan listrik, hingga menutup akses jalan.

1. Puluhan pohon tumbang terjadi di tiga kapanewon di Bantul ‎

Puluhan Pohon Tumbang di Bantul, Timpa Rumah hingga Jaringan ListrikKepala Pelaksana BPBD, Bantul, Agus Yuli Herwanta.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul, Agus Yuli Herwanta, mengatakan puluhan pohon tumbang yang menyebabkan kerusakan itu terjadi di Kapanewon Sewon sebanyak satu titik, Kapanewon Pandak 20 titik, dan Kapanewon Bambanglipuro satu titik.

"Total pohon tumbang sebanyak 22 titik tersebar di tiga kapanewon di Bantul," katanya, Senin (5/12/2022).

Baca Juga: Apes, Melamar Cewek Idaman, Pemuda asal Wates Malah Dibacok

2. Sebabkan kerusakan rumah, jaringan listrik, telepon, hingga kandang ternak‎

Puluhan Pohon Tumbang di Bantul, Timpa Rumah hingga Jaringan ListrikPohon Ilustrasi pohon tumbang tutup akses jalan. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Agus Yuli merinci, pohon tumbang menyebabkan kerusakan rumah di 12 titik, akses jalan tertutup di 8 titik, memutus jaringan listrik dan telepon di 5 titik serta merusak kandang di satu titik.

"Selain itu, kita juga mencatat adanya kerusakan talut yang jebol di Kalurahan Wonolelo, Kapanewon Pleret. Talud sepanjang 12 meter itu roboh dan sempat menutup aliran sungai," ucapnya.

3. Tidak ada laporan korban jiwa akibat pohon tumbang‎

Puluhan Pohon Tumbang di Bantul, Timpa Rumah hingga Jaringan ListrikIlustrasi angin kencang mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa rumah.(Dok BPBD Purbalingga)

Yuli menjelaskan akibat kejadian tersebut kerugian yang dialami oleh masyarakat terdampat diperkirakan mencapai Rp 25 juta. Namun, beruntung tidak ada korban jiwa.

"Ndak ada laporan korban jiwa," ucapnya.

Atas kejadian tersebut, pihaknya beserta relawan melakukan upaya evakuasi pohon yang tumbang dan seluruh pohon yang tumbang sudah bisa dikondisikan.

"Kita minta masyarakat meningkatkan kewaspadaan seiring intensitas hujan yang semakin tinggi. Masyarakat selalu berkoordinasi dengan pemerintah kalurahan dan FPRB dan jejaring kebencanaan," pungkasnya.‎

Baca Juga: Jip Wisata Parangtritis Masuk Jurang, 1 Wisatawan Meninggal Dunia

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya